Ayu Dewi Cerita Social Distancing bersama Anaknya di Rumah

Ayu Dewi dan anak pertamanya, Aqilah. Ia mengajarkan cara setrika baju sebagai salah satu kegiatan social distancing atau jaga jarak interaksi sosial di rumah. Foto ini diunggah pada 17 Maret 2020. Instagram.com/@mrsayudewi

keluarga

Ayu Dewi Cerita Social Distancing bersama Anaknya di Rumah

Kamis, 19 Maret 2020 16:25 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah selebriti menaati aturan social distancing atau jaga jarak interaksi sosial guna menekan penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Mereka pun membagikan aktivitasnya selama di rumah lewat unggahan di media sosial. Salah satunya presenter Ayu Dewi yang berbagi cerita kegiatannya di rumah dengan anak pertamanya, Aqilah.

Di hari kedua penerapan social distancing, ia membagikan unggahan pentingnya cuci tangan usai jajan dan belanja kepada kedua anaknya, Aqilah dan Aqlan. Kemudian diikuti unggahan bersih-bersih rumah dengan disinfektan oleh jasa layanan bersih-bersih. Lalu ada unggahan istri Regi Datau itu mengajarkan putrinya setrika baju.

"Hari ini ngapain? Ngajarin anak wedo setrika. Dari dia males, mau, fokus, tekun, sampe belajar ngelipet, lalu dia penasaran mau pake setrika beneran trus konsentrasi tingkat tinggi sembari ibunya mengamati dengan seksama takut anaknya keslomot yang berujung...ibunya deg-deg serrr," tulis Ayu Dewi di keterangan foto Instagram pada 17 Maret 2020.

Di unggahan kemarin, ia tampak mencuci bersama Aqilah memakai papan gilas dari kayu. 

"Jadi, Hari ini ngapain? Laundry manual. Belajar cuci baju pakai papan gilesan, Aqilah pakai yang busa, dakyu pakai yang kayu. Aqilah pakai sabun cuci yang khusus anak/ bayi terus milih pakai sikat. Ibunya yang molek pakai sabun cowlek tentunya," tulis Ayu Dewi.

Menurut presenter 35 tahun ini anak-anak sejak kecil diberikan pengertian bahwa mereka harus bisa melakukan hal-hal yang mendasar, sebelum punya kesempatan atau hidup dibantu dengan teknologi.

"Kalau dilihat kenapa dia girang banget, karena main air pastinya. Sambil dikasih pengertian, harus bisa ngelakuin hal-hal mendasar sebelum 'punya kesempatan' untuk bisa beli atau hidup dibantu sama alat-alat yang otomatis. Yang lihat kenapa dia komat-kamit di foto ke-6, karena bilasnya sambil nyanyi 'A Whole New World'," tulis Ayu disertai emoji tertawa.

Bagi Ayu Dewi terpenting sang anak merasakan keseruannya, belajar membersihkan alat-alat setelah mencuci. Lalu tidak lupa mengingatkan buat mandi dan cuci tangan usai main dan beraktivitas untuk menghindari paparan virus corona.

Menurut ibu tiga anak ini, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak sambil menahan diri untuk di rumah saja. Ayu Dewi juga mengajak para followers-nya untuk yang tidak bekerja di luar, lebih baik di rumah saja.

"Sungguhlah kalau dipikir-pikir banyak yang seru bisa dilakuin sama anak sambil nahan diri untuk di rumah aja. Yang nggak kerja, udah mendingan #DiRumahAjaYuk. Besok kita ngapain lagi biar seru sama anak di rumah, yuk mari sama-sama mikir," tulisnya.

Ayu Dewi juga mengingatkan para ibu di rumah untuk mengingatkan anak-anak tidak memegang mata, hidung, mulut jika tangan mereka belum bersih. 

EKA WAHYU PRAMITA