Wabah Corona, Hindari 3 Kebiasaan Ini untuk Jaga Imunitas Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak makan buah. Shutterstock

Ilustrasi anak makan buah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sistem imunitas atau kekebalan tubuh salah satu tindakan pencegahan untuk menangkal virus corona baru atau COVID-19. Sebab saat imunitas menurun, segala virus dan bakteri bisa masuk ke tubuh tanpa perlawanan dan penjagaan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga imunitas, termasuk pada anak-anak. Ada pula sejumlah kebiasaan yang kerap kita lalaikan sebagai orang tua pada anak, yaitu malas makan sayur, buah, dan cuci tangan. Yuk, kita pelajari risiko kesehatan ditimbulkan kebiasaan tersebut. 

Berikut kebiasaan buruk yang harus dihindari guna menjaga imunitas pada anak

1. Tak membiasakan anak makan buah dan sayur

Tak sedikit anak yang enggan mengonsumsi sayur dan buah lantaran tidak dibiasakan oleh orang tuanya. Padahal hal ini bisa berdampak pada sistem imunitas anak.

Sebagai orang tua, Anda wajib memahami bahwa sayur dan buah dikenal tinggi fitonutrien. Ini adalah suatu kandungan yang bisa meningkatkan produksi sel darah putih dan interferon tubuh untuk melawan infeksi, meningkatkan antibodi dan menghalangi virus masuk ke dalam tubuh.

Sebelum terlambat, ubah pola makan anak dengan tidak hanya berfokus pada nasi dan lauk saja, tapi juga menambahkan buah dan sayuran.

2. Melewatkan tidur siang

Banyak orang tua yang mulai mengesampingkan waktu tidur siang anak untuk aktivitas lain seperti bermain gawai dan menonton televisi. Hal ini seharusnya diubah karena selain meningkatkan energi, tidur siang pada anak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang mikroorganisme. Adapun waktu istirahat cukup dikerjakan selama satu jam saja.

3. Jarang membersihkan tangan

Orang tua sering melupakan bahwa anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan sering memegang barang-barang di sekitar. Terlebih, anak-anak juga mempunyai kebiasaan memasukkan tangan maupun benda yang disentuhnya. Tentu ini sangat membahayakan karena virus bisa menempel di mana saja dan mudah masuk ke tubuh anak.

Untuk itu, orang tua wajib senantiasa membersihkan tangan anak. Siapkan tisu antiseptik atau hand sanitizer saat berpergian. Apabila menemukan air mengalir yang bersih dan sabun, sebaiknya cuci tangan anak.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | PARENTS | USNEWS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."