Puteri Indonesia 2020, Jebolan Hukum yang Berkarier jadi Model

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pemenang Puteri Indonesia 2020 Rr Ayu Maulida Putri berjalan di atas 'cat walk' dalam acara malam puncak di Jakarta, Jumat 6 Maret 2020. Ayu Maulida menjadi pemenang setelah menyisihkan tiga pesaingnya Putu Ayu Saraswati asal Bali dan Jihane Almira Chedid asal Jawa Tengah di babak tiga besar. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pemenang Puteri Indonesia 2020 Rr Ayu Maulida Putri berjalan di atas 'cat walk' dalam acara malam puncak di Jakarta, Jumat 6 Maret 2020. Ayu Maulida menjadi pemenang setelah menyisihkan tiga pesaingnya Putu Ayu Saraswati asal Bali dan Jihane Almira Chedid asal Jawa Tengah di babak tiga besar. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Raden Roro Ayu Maulida Putri dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020 di Jakarta pada Jumat, 6 Maret 2020. Ia menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull. Perwakilan Jawa Timur itu unggul dari dua finalis di babak Top 3, yaitu Putu Ayu Saraswati dari Bali dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah. 

Jawaban Ayu Maulida untuk dua pertanyaan terakhir tampaknya memikat dewan juri. Pada Top 6, Ayu Maulida sapaan akrabnya dengan lugas menjawab problem stunting termasuk perbedaan dengan istilah kerdil. Kemudian babak Top 3, ia memaknai kebahagiaan sebagai bentuk syukur atas jati diri, bermanfaat bagi sesama, jatuh bisa bangkit lagi. 

Ayu Maulida lahir di Surabaya, 11 Juli 1997. Menilik laman Puteri Indonesia, perempuan 22 tahun ini merupakan lulusan Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga, Surabaya. Sebelum jadi Puteri Indonesia 2020, Ayu adalah seorang model asal Surabaya. Ia pernah menjuarai Asia Model Festival 2019 dan meraih gelar Face of Asia 2019. 

Anak kedua kedua dari tiga bersaudara ini sejak kecil sudah memiliki impian sebagai model profesional, walaupun di keluarganya tidak ada yang berprofesi sebagai model. Di dunia modeling, Ayu berpartisipasi pada Indonesia Fashion Week 2019, salah satu ajang fashion terbesar di Indonesia. Ia meraih penghargaan The Best Catwalk Female Model di perhelatan itu. 

Puteri Indonesia 2020 Raden Roro Ayu Maulida Putri. Instagram.com/@officialputeriindonesia

Untuk kontes kecantikan, Ayu pernah mengikuti pemilihan tingkat provinsi Puteri Indonesia Jawa Timur pada 2017, namun ia gagal meraih gelar kemenangan setelah kontes tersebut dijuarai oleh Fatma Ayu Husnasari dari Blitar. Pada 2020, ia kembali mengikuti kontes yang sama, dan berhasil terpilih sebagai pemenang.

Tak hanya di bidang modeling, Ayu juga menjalankan aksi Senyum Desa, sebuah kegiatan sosial berupa mengajar di pelosok desa, edukasi hidup sehat, dan pemberian pelatihan kewirausahaan.

Melalui pencapaian sebagai Puteri Indonesia 2020, Ayu akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe. 

Malam puncak Puteri Indonesia 2020 dimeriahkan dengan kehadiran tiga ratu kecantikan dunia, yakni Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi, Miss International 2019 Sireethorn Leearamwat, dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild.

Pemilihan Puteri Indonesia 2020 diikuti sebanyak 39 finalis dari 34 provinsi, mengangkat tema Nusa Tenggara Timur (NTT). Dewan juri terdiri dari Miss Universe 2015 Pia Alonzo Wurtzbach, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreati Wishnutama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan perwakilan dari media sosial yang juga sutradara film sekaligus komika Ernest Prakarsa.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."