Bahagia bagi Puteri Indonesia 2020: Selalu Bersyukur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Puteri Indonesia 2020 Raden Roro Ayu Maulida Putri. Instagram.com/@officialputeriindonesia

Puteri Indonesia 2020 Raden Roro Ayu Maulida Putri. Instagram.com/@officialputeriindonesia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Malam puncak final pemilihan Puteri Indonesia 2020 berlangsung di Jakarta pada Jumat, 6 Maret 2020. Sebelum malam final ini, 39 finalis dari 34 provinsi Indonesia telah mengekplorasi kemampuan diri dan bakat selama masa karantina pada 26 Februari 2020-6 Maret 2020. Setelah melalui sederet penilaian, terpilih enam besar, kemudian dikerucutkan menjadi tiga besar.

Tiga besar Puteri Indonesia 2020 ditempati oleh Raden Roro Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur, Putu Ayu Saraswati dari Bali, dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah. Di babak tiga besar, mereka mendapatkan pertanyaan yang sama dari Putri Kus Wisnu Wardani selaku Penasihat Utama Yayasan Puteri Indonesia sekaligus anggota Dewan Pertimbangan Presiden Indonesia.

"Kebahagiaan tidak berarti apa-apa, bila tidak dapat dibagikan kepada orang lain. Apa arti bahagia bagi dirimu?" cuplikan pertanyaan yang disampaikan Putri Kus Wisnu Wardani yang anggun berkebaya hijau.

Ketiga finalis diberi waktu yang sama untuk menjawab pertanyaan tersebut selama 60 detik.

Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah menjawab, "Bagi saya kebahagiaan itu hal yang sangat sederhana. Bagi saya kebahagiaan itu hanya cukup dengan melihat orang tua saya tersenyum lebar dan bangga dengan saya. Terutama saya hari ini berdiri di depan panggung, di hadapan kalian semua, dan diyakinkan orang tua saya bahwa saya di arah yang benar pada hari ini dan seterusnya."

Sementara itu wakil dari Bali, Putu Ayu Saraswati menjawab dalam bahasa Inggris. "Saya percaya kebahagiaan itu terjadi saat kita berguna bagi orang lain. Bagi orang tua, orang di sekitar.  Saya merasa di dalam hidup banyak berkah yang mungkin tidak pantas saya miliki. Mungkin karena saya merasa berkah itu bukan untuk saya, melainkan untuk orang-orang di sekitar saya. Oleh karena itu, saya menggunakan berkah itu untuk orang-orang di sekitar. Jadi, saya percaya itu adalah kebahagiaan sesungguhnya," ucap Putu.

Terakhir wakil dari Jawa Timur Raden Roro Ayu Maulida Putri menuturkan bahagia menurutnya.

"Bahagia bagi saya bagaimana kita dapat bersyukur atas jati diri kita, atas segala kelebihan dan kekurangan kita. Atas segala kesuksesan dan kegagalan kita. Bagaimana kita dapat bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita. Dan bagaimana kita tetap bersyukur atas segala cobaan, jatuh, dan bangunnya. Karena hal itulah yang menjadikan kita orang yang sukses. Orang yang sukses selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujar ia.

Usai babak tersebut, diumumkanlah Puteri Indonesia 2020 diraih oleh Raden Roro Ayu Maulida Putri. Ia pernah menjuarai Asia Model Festival 2019 dan meraih gelar Face of Asia 2019.  Ayuma sapaan akrabnya kelahiran 11 Juli 1997 dan jebolan hukum Universitas Airlangga, Surabaya.

Sementara itu, runner up 1 Putu Ayu Saraswati meraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan Hidup dan runner up 2 Jihane Almira dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Pariwisata. Selamat bertugas, Puteri Indonesia 2020.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."