5 Kebiasaan Sehat untuk Merawat Kulit Wajah Awet Muda

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

kecantikan

5 Kebiasaan Sehat untuk Merawat Kulit Wajah Awet Muda

Kamis, 5 Maret 2020 12:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan awet muda, kita dimanjakan dengan beragam pilihan perawatan kulit di klinik kecantikan hingga produk perawatan kulit yang dilengkapi bahan alami ataupun formula kandungan teranyar. Akan tetapi, kita tak boleh melupakan kebiasaan sehat yang turut menutrisi dan melindungi kesehatan kulit, bahkan memperlambat penuaan. 

Berikut lima kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga tampilan kulit awet muda mengutip laman Pink Villa dan Style Craze

1. Makan bersih dan enak

Pasti Anda sudah familiar dengan istilah apa yang Anda makan tercermin pada diri Anda. Untuk menjaga kesehatan kulit, coba hindari makanan olahan dan pemanis buatan.

Tambahkan pula wortel, mentimun, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam menu harian Anda untuk menjaga kadar antioksidan dan kolagen Anda tetap tinggi. Kedua kandungan tersebut baik untuk melindungi radikal bebas dan sinar ultraviolet dari papara sinar matahari yang berlebih.

2. Aplikasi tabir surya

Pilih tabir surya berdasarkan jenis kulit wajah Anda, bukan karena merek atau ikut-ikutan teman. Pastikan untuk mengaplikasikan tabir surya setiap hari. Seseorang harus mengoleskan tabir surya 15 menit sebelum keluar. Jika kulit Anda sensitif, maka oleskan tabir surya setidaknya dua kali sehari.

3. Hidrasi kulit

Air adalah teman terbaik untuk kulit sehat dan awet muda. Minumlah banyak air dan gunakan pelembap yang baik setiap hari. Diperlukan pelembap dan pijatan kulit yang lembut setiap hari. Tindakan ini membuka pori-pori kulit wajah, menyehatkan, dan meningkatkan kualitas kulit.

4. Hentikan merokok dan minum alkohol

Anda tidak dapat menghentikan sesuatu secara total, namun bisa mengurangi konsumsi secara bertahap kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sebab dua hal tersebut berkontribusi terhadap penuaan dini.

5. Istirahat yang cukup

Ada alasan mengapa tidur disebut bagian dari perawatan kecantikan. Sebab kualitas tidur malam yang baik berkontribusi banyak bagi kesehatan kulit Anda. Tidur dapat meningkatkan kolagen secara alami hingga membuat kulit wajah Anda bercahaya dan sehat.