Tara Basro Serukan Perempuan untuk Self-Love, Berikut 6 Caranya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tara Basro. Instagram.com/@tarabasro

Tara Basro. Instagram.com/@tarabasro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Tara Basro menjadi perbincangan publik. Unggahan Instagram dan Twitter ia pada Rabu, 4 Maret 2020 mengajak para perempuan untuk mencintai diri sendiri atau self-love. Sebenarnya, ini bukan kali pertama aktris Perempuan Tanah Jahanam ini menggaungkan kampanye positif tersebut.

"Dari dulu yang selalu gue denger dari orang adalah hal jelek tentang tubuh mereka, akhirnya gue pun terbiasa ngelakuin hal yang sama mengkritik dan menjelek-jelek-an," tulisnya dalam keterangan foto itu di Instagram.

Tara Basro melanjutkan seandainya seseorang lebih terbiasa untuk melihat hal yang baik dan positif, bersyukur dengan apa yang dimiliki dan melakukan hal terbaik daripada fokus dengan apa yang tidak dimiliki. "Setelah perjalanan yang panjang gue bisa bilang kalau gue cinta sama tubuh gue dan gue bangga akan itu. Let yourself bloom," ucapnya.

Pesan positif mengenai self-love dari Tara Basro juga bisa dilakukan dalam praktik sehari-hari. Melansir dari laman Psychology Today, Kamis 4 Maret 2020, menurut Deborah Khoshaba, Psikolog Klinis di Las Vegas self-love adalah bentuk penghargaan dengan cara menerima diri sendiri apapun kelemahan dan kekuatan kita tanpa harus mengungkit kekurangan. "Berjuang dalam menemukan tujuan serta makna hidup bagi diri sendiri," ucap Deborah.

Berikut cara menerapkan self-love seperti yang disampaikan Deborah Khoshaba

1. Mengikuti tujuan sendiri, bukan kata orang lain

Orang yang menerapkan self-love cenderung tahu apa yang mereka pikirkan, rasakan, dan inginkan. Mereka memperhatikan siapa mereka dan bertindak berdasarkan pengetahuan ini, bukan pada apa yang orang lain inginkan untuk mereka.

2. Bertindak sesuai kebutuhan daripada yang Anda inginkan

Anda mencintai diri sendiri ketika dapat berpaling dari sesuatu yang terasa baik dan menarik untuk apa yang Anda butuhkan untuk tetap kuat, fokus dan bergerak maju dalam hidup Anda. Dengan tetap fokus pada apa yang Anda butuhkan, Anda berpaling dari pola perilaku otomatis yang membuat Anda mendapat masalah, membuat Anda terjebak di masa lalu, dan tidak mencintai diri sendiri.

3. Lakukan perawatan diri

Anda akan lebih mencintai diri sendiri, ketika Anda merawat kebutuhan dasar Anda dengan lebih baik. Orang yang mencintai diri sendiri akan menjalani hidup sehat, seperti gizi yang seimbang, olahraga, tidur yang nyenyak, keintiman dan interaksi sosial yang sehat.

4. Tetapkan batas

Anda akan lebih mencintai diri sendiri ketika Anda menetapkan batasan atau mengatakan tidak untuk pekerjaan, cinta, atau kegiatan yang menghabiskan atau membahayakan Anda secara fisik, emosional dan spiritual, atau mengekspresikan diri Anda dengan buruk.

5. Lindungi diri sendiri

Hindari bergaul dengan tipe "teman" yang menikmati rasa sakit dan kehilangan Anda alih-alih bahagia dengan kesuksesan Anda. "Saran saya kepada Anda, abaikan mereka! Anda tidak punya cukup waktu dalam hidup Anda untuk dihabiskan untuk orang yang tidak membuat Anda bahagia," saran Deborah.

6. Maafkan diri Anda

Kelemahan kita adalah menghukum diri sendiri, jika terlalu banyak melakukan kesalahan. Anda harus menerima sisi kemanusiaan Anda (fakta bahwa Anda tidak sempurna). 

Berlatih menjadi lebih lembut pada diri sendiri ketika Anda melakukan kesalahan. Ingat, tidak ada kegagalan. Jika Anda telah belajar dan tumbuh dari kesalahan Anda, maka Anda bisa mengambilnya sebagai pelajaran.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."