4 Tips Menjaga Kebersihan Miss V, Ekstra Perawatan saat Haid

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Miss V

Ilustrasi Miss V

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Miss V atau vagina wajib kita jaga kebersihannya. Sebab banyak risiko kesehatan yang mengintai, salah satunya keputihan. Sebanyak 90 persen perempuan Indonesia berpotensi mengalami keputihan, bahkan 31,8 persen gejala keputihan dialami oleh remaja putri. Data tersebut membuktikan bahwa masih banyak perempuan di Indonesia yang belum memiliki perilaku feminine hygiene atau menjaga organ kewanitaan dengan baik.

Ahli ginekologi Dinda Derdameisya mengatakan, kondisi feminine hygiene yang buruk dapat menimbulkan berbagai infeksi berbahaya bagi miss V. 

“Apabila tidak dijaga dengan baik, area kewanitaan yang tidak bersih dapat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi seperti infeksi yang disebabkan oleh jamur, virus, bakteri, dan parasit, hingga berujung pada candidiasis, trichomoniasis, bacterial vaginosis, sampai yang terparah seperti kanker serviks, tumor, serta kelainan vagina,” ujar Dinda dalam siaran pers Andalan Feminine Care yang diterima Tempo, Selasa, 5 Februari 2020.

Untuk menghindari risiko di atas, perempuan sebaiknya menjaga kebersihan miss V seperti berikut

1. Bersihkan vulva dan lipatan labia

Pada saat mandi maupun setelah selesai buang air, usahakan untuk selalu membersihkan bagian luar miss V, yaitu vulva, klitoris, dan lipatan labia. Gunakan sabun pembersih kewanitaan khusus yang memiliki kandungan alami, lembut dan mengandung prebioticdan bahan alami (natural ingredients) sehingga aman digunakan di setiap momen aktivitas sehari-hari, serta dapat membantu menjaga keseimbangan pH alami vagina.

Selain itu, Anda bisa memilih pembersih kewanitaan berbahan natural yang kandungannya diformulasi secara khusus dari bahan-bahan alami, namun tetap terjamin kualitasnya dengan kombinasi prebiotik dan sertifikasi uji klinis yang baik.

2. Rajin ganti celana dalam dan selalu jaga kelembapan miss V

Di musim hujan seperti sekarang, jamur lebih mudah berkembang apabila Anda jarang mengganti celana dalam maupun sering menggunakan celana dalam yang tidak benar-benar kering. Mulai sekarang, coba untuk mengganti celana dalam minimal dua kali sehari, atau lebih bagus lagi setiap selesai buang air.

Pastikan untuk menggunakan celana dalam yang memiliki bahan mudah menyerap keringat. Serta selalu gunakan handuk kering yang lembut sebelum memakai celana dalam, dan jemur celana dalam dan handuk di bawah terik matahari sehingga benar-benar kering.

Selain menghemat listrik dan atau karbon, dibandingkan penggunaan dryer, mengeringkan dengan sinar matahari adalah cara yang paling efektif untuk membunuh bakteri-bakteri pada pakaian.

3. Rajin minum air putih serta sayur dan buah

Asupan makanan sehat dan bernutrisi penting untuk menjaga kesehatan reproduksi Anda. Beberapa makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu, telur, daging serta ikan adalah contoh makanan yang baik bagi kesehatan reproduksi perempuan.

Penuhi pula kebutuhan cairan tubuh Anda dengan konsumsi minimal 8 gelas air putih per hari. Bagi Anda yang hobi minum kopi, batasi konsumsi kopi Anda tidak lebih dari dua cangkir per hari.

4. Bersihkan ekstra pada saat haid

Saat haid, seringkali perempuan malas untuk membersihkan miss V karena kondisi darah menstruasi yang membuat tidak nyaman. Padahal, saat menstruasi justru area kewanitaan perlu dijaga kebersihannya, karena area miss V akan lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."