Inspirasi Kebaya Pernikahan Isyana Sarasvati dari Putri Keraton Yogyakarta saat Pesiar

Rayhan Maditra dan Isyana Maditra resmi menikah pada Ahad, 2 Februari 2020. Instagram.com/@thebridestory

mode

Inspirasi Kebaya Pernikahan Isyana Sarasvati dari Putri Keraton Yogyakarta saat Pesiar

Minggu, 2 Februari 2020 12:35 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Penyanyi Isyana Sarasvati resmi dipersunting oleh Rayhan Maditra hari ini, Ahad 2 Februari 2020. Pernikahan pasangan yang berpacaran selama 12 tahun ini berlangsung di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat. Pernikahan berlangsung khidmat dan intim dihadiri oleh keluarga maupun kerabat dekat.

Foto-foto momen akad nikah Isyana dibagikan akun Instagram The Bride Story selaku wedding organizer dan media partner eksklusif pernikahan pelantun Tetap dalam Jiwa itu.

Dalam foto-foto tersebut, Isyana tampak anggun memakai kebaya kutu baru warna putih rancangan Didiet Maulana. Desainer yang konsisten mengangkat wastra Nusantara ini menyebut rancangannya dengan Kebaya Romansa Isyana. 

Desain dan pembuatan Kebaya Romansa Isyana dilakukan sejak enam bulan lalu. Dikisahkan oleh Didiet, selama enam bulan itu, Isyana melakukan pengepasan sebanyak dua kali.

Isyana Sarasvati mengenakan kebaya kutubaru karya Didet Maulana saat menikah dengan Rayhan Maditra di Bandung, Ahad, 2 Februari 2020. (Instagram @thebridestory/@pyaraphoto)

“Aku mengajukan konsep karena Isyana pengennya Jogja. Jadi, aku bikin kebaya model kutu baru, tapi aku padukan dari inspirasi kebaya pesiar dari Jogja. Putri-putri Keraton kalau mau pesiar keluar dari lingkungan istana, mereka tuh ada satu seperti cape yang dipakai. Aku masukkan ide itu ke sana,” kata Didiet Maulana saat dihubungi Cantika pada Ahad, 2 Februari 2020.

Selain unsur budaya Yogyakarta, Didiet juga memasukkan ragam hias Eropa.

“Untuk bahannya dari brokat Prancis. Kemudian di bagian belakang kebayanya ada ragam hias Eropa yang ingin saya masukkan. Karena di masa kerajaan-kerajaan Indonesia banyak sekali karakter ragam hias Eropa-nya. Aku masukkan yang klasik itu di bagian punggungnya, yakni model buketan,” lanjut Didiet Maulana.

Tampak belakang kebaya pernikahan Isyana Sarasvati yang dirancang Didiet Maulana. Di bagian belakangnya terdapat ragam hias Eropa yang disebut buketan. Foto: Dok. Didiet Maulana

Di bagian pundak, tangan, dan bawah kebaya juga terdapat manik-manik yang memiliki efek moving saat Isyana bergerak.

Sementara itu, untuk kainnya Isyana dan Rayhan memakai kain batik Sidomulyo. “Artinya sido itu jadi, jadi mulia. Diharapkan keduanya menjadi pasangan yang lebih baik, menuju pada kemuliaan. Di-prada juga kainnya, diberi sentuhan emas oleh pengrajin di Yogyakarta,” ucap Didiet.

Penata rias Marlene Hariman dipercaya merias wajah Isyana Sarasvati di hari pernikahannya, Ahad, 2 Februari 2020. Instagram.com/@marlenehariman

Beralih ke penampilan riasan, makeup bold Isyana yang menonjolkan pulasan lipstik merah menyala merupakan hasil karya penata rias Marlene Hariman.

Untuk tatanan rambut dan paes, penyanyi berusia 26 tahun itu mempercayakannya pada Ambar Paes. Ia tampil dengan tantanan rambut sanggul klasik dengan hiasan bunga merah di bagian tepi rambut serta tiga bunga emas di bagian atasnya.

Isyana juga tampak mengenakan sejumlah aksesori mulai dari giwang bentuk bunga nuansa keemasan hingga kalung berlian.