Waspada, Virus Corona Bisa Menyebar Lewat 3 Hal Ini

Ilustrasi virus corona. Sumber: wikipedia.org

kesehatan

Waspada, Virus Corona Bisa Menyebar Lewat 3 Hal Ini

Senin, 27 Januari 2020 18:07 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Virus corona menjadi isu kesehatan yang paling banyak diperbincangkan saat ini. Virus tersebut pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina. Kini virus corona telah tersebar ke sekitar 12 negara.

Sebanyak 80 orang meninggal akibat terpapar virus corona. Gejala awal orang yang terinfeksi virus ini tampak sama seperti individu yang terkena flu, yakni demam, bersin, batuk, dan pilek. Identifikasi terinfeksi virus corona atau tidak baru diketahui setelah uji sampel darah di laboratorium.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, Daeng Mohammad Faqih mengatakan virus corona 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV bisa menular antarmanusia lewat batuk, bersin, dan makanan. "Makanan yang tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut," kata Faqih di Jakarta, Minggu 26 Januari 2020. "Bisa tertular pula kalau makanan yang terkena batuk dikonsumsi."

Petugas Karantina Kesehatan memeriksa suhu tubuh wisatawan asal Cina (kiri) yang baru mendarat di bandara DEO Kota Sorong, Papua Barat, Ahad, 26 Januari 2020. Pasien suspect virus corona tersebut akan diisolasi selama kurang lebih tujuh sampai 14 hari. ANTARA/Olha Mulalinda

Selain penularan dari hewan ke manusia, virus corona dapat menular lewat kontak dengan pasien atau orang yang terjangkit virus itu. Penularan melalui kontak langsung dengan penderita bisa lewat pernapasan, percikan ludah, menghirup napas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona. Atau menyentuh langsung makanan yang dikonsumsi orang yang terinfeksi virus itu.

Untuk menghindari kontak dari dekat, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke tempat terjadinya penyakit karena virus corona. "Jangan melakukan kontak dengan penderita," tutur Daeng. "Masyarakat jangan melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang ada penyakit itu supaya tidak tertular."

Upaya pencegahan lain yakni dengan menggunakan masker. Penting juga untuk selalu menerapkan pola hidup bersih, seperti mencuci tangan sebelum makan, tidak mengucek mata, jangan menggosok hidung dengan tangan yang kotor. "Pastikan tangan selalu bersih," ucap Faqih.