Penjelasan Ahli Tentang Risiko Virus Corona ke Ibu Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Seorang petugas medis menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, Cina, Jumat 24 Januari 2020. FOTO/ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa

Seorang petugas medis menangani pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Zhongnan Hospital of Wuhan University, Wuhan, Cina, Jumat 24 Januari 2020. FOTO/ANTARA/HO-Xinhua/Xiongqi/mii/aa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Virus corona menjadi satu pemicu gangguan kesehatan yang paling diwaspadai saat ini. Persebaran virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di Cina, kini sudah merambah ke 12 negara.

Virus corona dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan antarmanusia. Spesialis Penyakit Menular di Klinik Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Dr. Steven Gordon, MD, mengatakan kelompok yang paling rentan terpapar virus corona adalah ibu hamil dan anak-anak.

"Ibu hamil memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun dan membuatnya lebih rentan terhadap segala jenis virus termasuk corona," kata Gordon seperti dikutip dari New York Times, Senin 27 Januari 2020. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Infectious Disease pada Juni 2019 menunjukkan, ibu hamil hampir 3,5 kali lebih berpotensi dirawat di rumah sakit karena mengidap flu daripada mereka yang tidak hamil.

Infeksi akibat virus corona secara umum hampir sama seperti infeksi pernapasan lainnya. Dalam kasus ringan, pasien yang terinfeksi menderita pilek, batuk, sakit tenggorokan, kelelahan, dan demam.

Petugas medis berpose di tengah kesibukan menangani pasien virus Corona di rumah sakit di Wuhan, Cina, 25 Januari 2020. Di tengah berbagai aktivitas, para petugas menyempatkan diri untuk sekedar berfoto bersama demi mengurangi kejenuhan. THE CENTRAL HOSPITAL OF WUHAN VIA WEIBO via REUTERS

Untuk mencegah persebaran atau tertular virus corona, Kepala Divisi Penyakit Menular Anak di Sekolah Kedokteran Universitas Tufts dan anggota Komite Akademi Pediatrik Amerika untuk Penyakit Menular, Dr. H. Cody Meissner, MD, memberikan saran minimal sebagai berikut:

  • Biasakan cuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik
    "Tangan harus dicuci sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi, masuk ke dalam rumah, atau seusai menyentuh sesuatu yang kotor, seperti sampah," ucap Meissner.

  • Jauhi orang yang sakit
    Jika Anda melihat ada orang yang batuk atau bersin, jauhi mereka dan gunakan masker. "Kami percaya bahwa sekresi pernapasan dari virus corona tidak dapat menjangkau lebih dari 1,8 meter," ucap dia.

Adapun Profesor Kedokteran Pencegahan Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Center, Tennessee, Amerika Serikat, Dr. William Schaffner, MD, menyarankan setiap orang menjaga kekebalan tubuh mereka, termasuk dengan suntik influenza. "Pastikan Anda telah divaksin flu," katanya.

ECKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."