4 Cara Mudah Mengajari Anak Menulis di Rumah

Ilustrasi anak menulis (Pixabay.com)

keluarga

4 Cara Mudah Mengajari Anak Menulis di Rumah

Jumat, 24 Januari 2020 16:00 WIB
Reporter : Non Koresponden Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Mengajari anak menulis membutuhkan tips tersendiri bagi orang tua. Di antaranya buat latihan menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan. Sebaiknya orang tua tidak membanding-bandingkan tulisan buah hati Anda dengan anak seusianya. Hindari pula menilai kecerdasan anak dari hasil tulisannya, karena bukan hanya itu patokannya.

Berikut sejumlah tips melatih keterampilan anak dalam menulis, seperti dikutip dari laman Times of India

1. Fokus pada posisi tangan anak

Sering kali anak tidak memegang pena atau pensil dengan benar, sehingga membuat tulisan tangannya buruk dan berantakan. Agar anak dapat menulis dengan baik, penting baginya untuk membiasakan cara memegang pensil atau pulpen yang benar. 

Anda harus memperhatikan alat tulis yang dipegang harus dengan ibu jari dan telunjuk dan cengkeraman harus lembut. Saat ini, bahkan banyak pegangan pensil atau pena yang tersedia di toko alat tulis untuk membantu meningkatkan daya cengkeram anak Anda.

2. Ciptakan latihan menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan 

Menulis kalimat yang sama berulang kali tidak menyenangkan. Anak-anak akan mudah bosan. Jadi jika Anda ingin mereka tetap termotivasi untuk memperbaiki tulisan tangan mereka, penting untuk memperkenalkan elemen-elemen yang menyenangkan dalam menulis.

Misalnya bermain bajak laut, mengisi teka-teki silang atau bahkan menggambar secara bebas, karena pada dasarnya setiap kegiatan yang mengembangkan keterampilan motorik, anak Anda akan menunjukkan minat.

Anda juga dapat memberikan anak Anda pensil atau pena warna-warni dengan tambahan giltter untuk menciptakan suasana lebih menyenangkan.

3. Tetap sabar

Sangat penting bagi orang tua untuk tetap sabar dan tidak terlalu menekan buah hati. Beri mereka waktu istirahat yang cukup dan jangan memarahinya ketika mereka melakukan banyak kesalahan. 

Ambil satu langkah maju pada satu waktu dan selalu ingat bahwa tulisan tangan tidak akan berubah hanya dalam beberapa hari, semua butuh proses. Jangan sampai tekanan yang Anda berikan membuat si kecil hanya menyalin sempurna tulisan tangan temannya dan menjadi tidak fokus untuk menulis dengan rapi.

4. Latih anak menulis dalam buku bergaris

Buku bergaris dengan warna bisa membuat anak menulis rapi, memperhatikan ukuran, ruang, dan pembentukan huruf-huruf dalam abjad.

NURUL FARA