Sulit Tidur? Pakar Rekomendasikan 5 Makanan Ini Agar Mengantuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda sedang mengalami sulit tidur, meski sudah larut malam? Cobalah dengan mengkonsumsi makanan yang membuat Anda mudah terlelap. Selain makanan, juga ada minuman yang mudah Anda temukan, bahkan bisa jadi ada di dapur Anda.

Dilansir dari laman Well + Good, ahli gizi Kimberly Snyder membagikan lima makanan dan minuman yang bisa membuat Anda mengantuk. Kimberly Snyder memiliki beberapa klien selebriti, termasuk Drew Barrymore, Hilary Duff, dan Kerry Washington. 

Berikut lima asupan yang bisa Anda konsumsi agar mudah tertidur

1. Biji labu

Biji labu kaya akan gizi, di antaranya vitamin A dan C. Makan segenggam biji labu apa adanya, atau campur mereka menjadi smoothie untuk diminum sebelum tidur.

Kimberly Snyder mengatakan memakannya di malam hari karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. "Magnesium adalah nutrisi yang menenangkan, terkait dengan tidur yang lebih baik," tutur ia.

2. Beras merah

Kadang-kadang Anda merasa lapar di malam hari dan terpaksa makan. Daripada nasi putih, Synder menyarankan makan nasi merah.

"Nasi merah sarat dengan triptofan, asam amino yang membantu otak dalam keadaan santai, mirip dengan melatonin," ungkap ia.

Makanan lain dengan triptofan yang memiliki efek serupa di antaranya kalkun, salmon, telur, tahu, lentil, dan bayam.

ilustrasi cokelat (pixabay.com)

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam juga mengandung magnesium. “Cobalah untuk tetap hanya dengan satu ons atau kurang dari cokelat hitam — mengandung sedikit kafein yang dapat membuat Anda tetap terjaga,” kata Synder.

4. Bayam

Bayam adalah sumber magnesium dan triptofan yang baik, sehingga bermanfaat ganda sebagai makanan untuk tidur. Agar mudah dicerna, coba buat sayuran ini jadi smoothie atau sup. Cairan lebih mudah dicerna usus dibandingkan dengan makanan padat.

5. Teh tanpa kafein

Selain makanan, Synder juga memasukkan minuman ini dalam daftar. "Teh bebas kafein telah terbukti meningkatkan relaksasi dan kualitas tidur," kata ia.

Bagi sebagian orang, ritual minum teh sebelum tidur menandakan dimulainya rutinitas tidur, membuat pikiran dan tubuh beristirahat. Sebelum tidur, Synder biasanya meminum teh chamomile, lavender, tulsi, atau rooibos.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."