Selain Digosok, Ini Tiga Cara Pakai Serum yang Harus Dihindari

Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

kecantikan

Selain Digosok, Ini Tiga Cara Pakai Serum yang Harus Dihindari

Sabtu, 18 Januari 2020 09:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM JAKARTA - Beragam jenis produk perawatan kulit atau skincare untuk merawat kulit wajah, salah satunya serum. Skincare ini bermanfaat meremajakan kulit, melembapkan, menutrisi, meratakan warna kulit, menyamarkan noda hingga menyamarkan garis halus dan keriput. Perlu diketahui juga jika kulit memerlukan serum layaknya tubuh membutuhkan vitamin.

Tapi sayangnya menurut dr. Haekal Anshari, M. Biomed masih banyak perempuan yang keliru cara mengaplikasikan serum. Alhasil, kerja serum kurang maksimal untuk merawat kulit wajah Anda. 

Simak kesalahan yang harus hindari saat memakai serum agar hasilnya maksimal menurut dr. Haekal Anshari

1. Memakai dengan cara digosok atau dioles

Aplikasikan serum di wajah dengan gerakan yang halus dari bawah ke atas. Anda bisa menepuk-nepuk, bukan menggosok, sebab kalau Anda gosok bisa membuat kulit jadi iritasi. Bukan lantaran bahannya, tapi iritasi bisa terjadi karena cara mengaplikasikannya.

"Selama ini masih banyak yang pakai serum dengan cara dioles atau gosok, efeknya membuat serum tidak bisa meresap dengan maksimal," ucap Haekal usai ditemui di acara launching rangkaian skincare anti-aging premier Y.O.U Golden Age di Jakarta, Kamis 16 Januari 2020.

Lebih lanjut ia menjabarkan, "Caranya mengusapkan serum dengan lembut menggunakan dua jari Anda, yaitu jari tengah dan jari telunjuk. Kemudian lakukan gerakan memutar dan ke arah atas," ujarnya.

dr. Haekal Anshari, M. Biomed dalam acara launching rangkaian skincare anti-aging premier Y.O.U Golden Age di Jakarta, Kamis 16 Januari 2020. TEMPO/ Eka Wahyu Pramita

2. Tidak memakai handuk khusus wajah

Salah satu rangkaian sebelum Anda menggunakan serum ialah membersihkan wajah Anda. Lalu dilanjutkan dengan toner dan serum.

"Nah, kalau kita mencampur handuk untuk wajah dan badan kita maka bisa terjadi perpindahan bakteri dari handuk badan ke wajah. Proses itulah yang membuat kerja serum jadi tidak maksimal," kata Haekal.

3. Tidak mencuci tangan

Banyak di antara kita kalau cuci wajah, tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Padahal menurut dokter yang berpraktik di Poise Aesthetic & Soul Clinic itu, cuci tangan adalah tahap pertama sebelum mencuci muka dengan facial wash atau pembersih wajah lainnya.

4. Lupa urutan skincare dan tidak meratakan

Satu hal yang perlu diperhatikan lagi ialah urutan pemakaian serum. Pastikan Anda sudah mempersiapkan kulit wajah dengan membersihkannya dan mengaplikasikan toner. Selain itu, penting pula tahapan meratakan serum ke seluruh wajah Anda.