Serum untuk Pemilik Kulit Kering Wajib Ada 3 Bahan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemilik kulit wajah kering tentu membutuhkan rangkaian perawatan kulit yang melembapkan sekaligus menutrisi kulit. Selain pelembap, dibutuhkan serum yang bekerja lebih kuat dan meresap lebih jauh ke dalam lapisan kulit. Bagi pemilik kulit wajah kering, serum dianggap sebagai minuman bergizi yang dibutuhkan kulit. Sebab campurannya kaya kandungan baik untuk atasi kulit kering dan bersisik, meningkatkan regenerasi kulit hingga melembapkan semalaman.

Mengutip laman Well and Good, menurut Gretchen Frieling, seorang ahli dermatologi yang berbasis di Boston, Amerika Serikat, ada tiga bahan utama yang wajib ada di dalam serum untuk kulit wajah kering. Apa sajakah itu? Mari kita telusuri bersama.

“Seiring bertambahnya usia, secara alami kulit wajah berkurang kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Kenyataannya kelembapan dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit serta tampilan awet muda,” kata Dr. Frieling.

“Asam hialuronat sangat efektif karena dapat menyerap hingga 1.000 kali air di dalamnya. Karena sangat menyerap, ia dapat menarik air dan mengunci kelembapan. Selain merehidrasi kulit, serum juga menghaluskan, mengurangi garis-garis halus dan kerutan. "

Vitamin C juga salah satu gizi terbaik untuk kesehatan kulit kering. Dr. Frieling mengatakan antioksidan kuat tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, tapi membantu perbaikan sel, membantu penyembuhan luka, meningkatkan produksi kolagen, melawan peradangan, serta meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit.

“Vitamin C mencerahkan warna kulit Anda dan mengurangi munculnya perubahan warna dari kerusakan akibat sinar matahari, bekas jerawat, dan bintik-bintik penuaan. Vitamin ini bekerja keras untuk memperbaiki, melindungi, dan merevitalisasi kulit Anda secara keseluruhan serta melawan tanda-tanda penuaan,” ucapnya.

"Dua bentuk vitamin C yang sangat kuat yang digunakan dalam serum wajah adalah asam l-askorbat (vitamin yang larut dalam air) dan Ester C (vitamin yang larut dalam lemak)."

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah retinol. Kandungan ini diduga mengering, tetapi Dr. Frieling mengatakan itu masih bisa digunakan. Bahkan, dipercaya membantu memerangi masalah yang membuat kulit Anda kering.

“Retinol merangsang produksi kolagen, sehingga membuat kulit wajah lebih kencang dan montok. Kandungan ini juga memiliki sifat pengelupasan yang mendorong pergantian sel dan mengangkat sel kulit mati. Seiring bertambahnya usia, fungsi pengelupasan kulit alami kita melambat dan menghasilkan lebih sedikit kolagen. Hal ini membuat kulit kusam dan terlihat lelah yang bisa kering serta mengelupas,” pungkasnya.

“Retinol juga dapat mengencangkan pori-pori wajah dan mengurangi hiperpigmentasi kulit pada malam hari. Bermanfaat juga untuk menciptakan kulit wajah lebih lembut dan kencang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."