3 Cara Membuat Masker Beras dan Campurannya untuk Kulit Cerah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi masker wajah. beautifullearth.com

Ilustrasi masker wajah. beautifullearth.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perawatan kulit kini semakin beragam pilihannya. Namun ide membuat perawatan kulit sendiri seperti masker juga masih digemari. Salah satunya masker beras yang dipercaya dapat membuat kulit lebih sehat, bersih dan bercahaya. 

Istilah masker beras bermula dari air beras yang telah digunakan 1.000 tahun silam di Jepang. Kian kemari, popularitas masker beras kian meningkat. Selain untuk  memperbaiki kondisi kulit, masker beras juga mudah dibuat sendiri di rumah. Sebelum mengetahui cara membuat masker beras, kita kenali dulu beberapa manfaat masker beras untuk kulit.

Namun perlu diingat, beberapa manfaat ini hanya dilakukan secara turun-temurun tapi belum teruji secara ilmiah.

1. Mencegah penuaan

Dalam sebuah penelitian terhadap 12 relawan yang menggunakan formulasi masker beras selama 28 hari, ditemukan bahwa tingginya kandungan antioksidan di dalamnya dapat menghambat aktivitas elastase. Ini adalah enzim yang dapat merusak elastin.

Artinya, menggunakan masker beras atau air beras dapat mempertahankan elastisitas kulit. Tak hanya itu, tanda-tanda penuaan juga dapat dicegah.

2. Mencerahkan kulit

Keunggulan masker beras yang satu ini adalah yang paling populer, yaitu mencerahkan kulit. Meski demikian, belum ada uji ilmiah yang mendukung hal ini.

Orang-orang di Korea dan Jepang menggunakan air beras atau masker beras untuk mencerahkan kulit wajah. Bisa jadi itu pula sebabnya banyak produk perawatan kulit yang mengandung sari pati air beras sebagai kandungannya.

3. Meredakan kulit terbakar

Bagi yang merasakan kulit terbakar karena terlalu lama berada di bawah matahari misalnya, masker beras bisa jadi pilihan untuk menenangkan kulit. Tak hanya itu, air beras juga bisa mengencangkan kulit dan cocok bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. 

Ilustrasi beras putih. shutterstock.com

Cara membuat masker beras

Ada beberapa cara membuat masker beras sendiri di rumah. Anda bisa memilih mana yang paling praktis dan efisien. Beberapa di antaranya adalah:

- Merendam

Cara membuat masker beras di rumah yang pertama adalah yang paling cepat, yaitu dengan merendam beras. Tahapannya adalah siapkan 100 gram beras dan cuci bersih, tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom, rendam selama 30 menit, saring beras dan pisahkan airnya dalam gelas, dan simpan di lemari pendingin. 

Masker beras yang dibuat dengan metode rendaman ini bisa bertahan di lemari pendingin selama satu minggu. Masker beras ini bisa diaplikasikan pada kulit dan juga rambut.

- Fermentasi

Cara membuat masker beras berikutnya adalah dengan metode fermentasi. Menurut penelitian, jenis masker beras yang satu ini juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar Ultraviolet (UV) dan mencegah penuaan.

Cara membuatnya cuci bersih 100 gram beras, tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom, rendam beras selama 2 hari untuk memasuki proses fermentasi, setelah 2 hari, aduk rata air dan saring airnya, dimpan air di lemari pendingin.

- Merebus

Ketiga, cara membuat masker beras di rumah adalah dengan merebusnya. Caranya adalah rebus beras (seperti saat akan menanak nasi), saring air rebusannya, simpan air rebusan dalam botol, biarkan dingin dan simpan di lemari es. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa meletakkannya di botol spray dan menjadikannya toner setelah mencuci muka. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kapas untuk mengaplikasikan masker beras ke wajah.

Selain itu, masker beras juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain untuk mendapatkan manfaat terbaiknya bagi kulit. Berikut beberapareferensinya

1. Beras dan kayu manis

Anda bisa membuat masker beras dipadukan dengan kayu manis dengan cara mencampurkan ½ cangkir beras yang telah direbus dengan 2 sendok makan kayu manis.

Kemudian, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Metode ini bisa diaplikasikan sekali dalam sepekan.

2. Beras dan madu

Kombinasi masker beras kedua adalah dengan madu. Caranya adalah dengan mencampur 3 sendok makan beras matang dengan 2 sendok makan madu. Kemudian, tambahkan juga 1 sendok makan susu. Campur hingga berbentuk pasta dan aplikasikan ke wajah selama 20 menit sebelum membilasnya.

3. Beras dan putih telur

Cara membuat masker beras yang juga bisa dilakukan di rumah adalah dengan mencampurnya dengan putih telur. Caranya, campurkan 2 sendok makan tepung beras dengan 1 putih telur. Pijat ke wajah hingga mengering. Kemudian, bilas dengan air bersih.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."