Ibu Baru Membutuhkan 4 Hal Ini, Selain Me Time

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu dan bayi. Shutterstock

Ilustrasi ibu dan bayi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu fase perjalanan hidup bagi banyak perempuan ialah menjadi istri kemudian ibu. Menjadi ibu bukanlah masalah psikologis atau medis. Tetapi tantangan yang melekat dalam melahirkan anak dapat menyebabkan konsekuensi klinis.

Perubahan yang dialami saat menjadi ibu bisa karena suasana hati depresi, lebih banyak stres daripada ayah atau wanita yang tidak membesarkan anak-anak, sering konflik dengan pasangannya, kepuasan pernikahan yang lebih rendah, dan gangguan kesehatan mulai dari kelelahan PMS intensif hingga defisit nutrisi, diabetes tipe-II, penyakit tiroid, serta penyakit autoimun.

Di tengah perjuangan motherhood tentu saja seorang ibu, khususnya ibu baru yang melahirkan anak pertama membutuhkan me time. Selain me time atau waktu untuk diri sendiri, ibu baru juga membutuhkan support system yang kuat. 

Saat menghadapi pasang surut pengalaman menjadi ibu baru, berikut hal yang ibu butuhkan dilansir dari laman Parents.

1. Memiliki teman

Tidak mengherankan bahwa memiliki sekelompok teman yang mendukung sangat penting bagi kebahagiaan dan kesehatan wanita, terutama ketika Anda seorang ibu baru. Hingga 80 persen wanita mengalami beberapa bentuk baby blues, dan penelitian menunjukkan bahwa menjalin pertemanan dengan ibu baru lainnya dapat membuat transisi menjadi orang tua lebih mudah ditangani. 

"Sangat penting bagi wanita untuk bergabung dengan ibu baru lainnya untuk mendapatkan perasaan bahwa mereka tidak sendirian dalam pertanyaan, rasa tidak aman dan ketidakpastian," kata Fran Walfish, Psy.D., seorang psikolog keluarga dan penulis buku.

Lyss Stern, CEO dan pendiri Divalysscious Mom sebuah grup jejaring sosial untuk para ibu di New York, Amerika Serikat, mengatakan hal yang paling menghibur ketika Anda seorang ibu baru adalah memiliki ibu lain untuk berbicara dengan siapa yang mendapatkannya.

2. Pergilah ke taman

Anda disarankan pergi ke tempat-tempat yang populer di kalangan anak-anak. Taman lokal, terutama jika memiliki area bermain, sangat ideal. "Sangat menakutkan untuk mencoba memulai hubungan dengan seseorang yang baru saja Anda temui di taman," tutur Andrea Bonior, Ph.D., seorang psikolog dan penulis The Friendship Fix.

Area bermain di mal lokal juga dipenuhi ibu dan anak-anak mereka, jadi Anda pasti akan mendengar tentang satu atau dua grup di area tersebut. Anda akan terkejut dengan berapa banyak wanita lain yang mencari persahabatan yang sama dengan Anda.

3. Olahraga

Perlu mengurangi berat badan bayi itu? Latihan atau olahraga memang baik untuk itu, tentu saja, tetapi itu juga dapat membantu Anda bertemu ibu lainnya. "Banyak orang tidak suka mendekati orang yang tidak mereka kenal, tetapi jika Anda berada di gym, Anda sudah tahu bahwa Anda memiliki kesamaan," kata Angela Ardolino, pendiri Parenting with Angela dan Museum Anak Miami. 

Ketika Felice Devine dari Albany, New York, Amerika Serikat, pindah ke kota baru ketika putranya berusia lima bulan, dia ingin terhubung dengan ibu-ibu lain. Dia mengumumkan di blognya, Facebook, dan Twitter bahwa dia menciptakan klub lari ibu di mana dia bisa melatih ibu lain yang belum pernah berlari sebelumnya. 

Lebih dari 12 minggu Felice melatih mereka untuk menjalankan 5K pertama mereka dan melalui proses itu mereka menjadi sangat dekat. Mereka belajar banyak tentang satu sama lain dan terikat melalui berlari.

"Kami kadang-kadang berlatih bersama, kami berlomba bersama, kami saling memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan - semua dari sudut pandang ibu dengan kecintaan berlari yang sama. Beberapa dari kami telah berlari selama bertahun-tahun dan beberapa baru mulai musim semi lalu," ucap Felice.

Tindakan sederhana membawa bayi Anda jalan-jalan dapat membuka dunia yang sama sekali baru bagi Anda, kata Stephanie Wellington, MD para ibu sering melakukan rutinitas sehari-hari keluar dari rumah dengan anak-anak mereka untuk mencari udara segar dan berolahraga, jadi Anda pasti akan melewati beberapa wanita yang mendorong kereta bayi juga.

4. Menulis blog

Anda tidak harus menjadi penulis untuk mulai menulis blog. Sebuah blog adalah cara kreatif bagi Anda untuk berbagi kegembiraan dan cobaan menjadi ibu baru. Selain itu Anda juga dapat memperkenalkan diri ke jaringan wanita yang berpikiran sama. 

Carly Kerby, seorang ibu dari tiga anak dan blogger mengatakan dirinya benar-benar bertemu ibu di Twitter dan melalui blog dan kemudian menyadari bahwa mereka tinggal sangat dekat dengan saya.

"Saya bertemu mereka untuk makan siang dan bermain lalu memulai persahabatan yang sangat indah. Sungguh menghibur untuk menemukan ibu lain yang berjuang dengan hal yang sama. Kita akan mendapatkan dukungan dan mengetahui jika kita tidak sendirian," tukas Carly.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."