Siasat Ibu Mencuri Waktu Me Time, Tidur dan Makan Bareng Anak

Ilustrasi ibu sedang menggendong bayi. (Unsplash/The Honest Company)

keluarga

Siasat Ibu Mencuri Waktu Me Time, Tidur dan Makan Bareng Anak

Senin, 9 Desember 2019 15:30 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Seorang ibu nyaris tak berhenti bekerja selama 24 jam, mulai dari bangun tidur, sampai akan tidru malam hari. Tak ada habisnya dari mengurus keperluan anak-anak, suami sampai rumah. Sebab itu, ibu sulit mendapatkan waktu "me time" nya untuk memanjakan dirinya sendiri.

Padahal, hal itu sangat diperlukan untuk membuat ibu tetap sehat dan tenang dalam mengerjakan tugasnya sehari-hari. Nah, jika Anda termasuk di antara para supermom itu, maka berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencuri 'waktu-saya' dan menghabiskan waktu untuk diri sendiri.

1. Tidur Siang Saat Anak-Anak Tidur

Menjadi seorang ibu sama dengan membiarkan tidurmu berkurang, setidaknya sampai anakmu tumbuh. Mungkin ada saat-saat ketika anak-anak Anda akan mulai menangis saat Anda menutup mata untuk tidur. Daripada fokus pada pekerjaan lain, disarankan untuk tidur siang atau tidur bersama anak-anak Anda.

Meskipun Anda juga dapat memilih untuk melakukan pekerjaan Anda yang tertunda, istirahat lebih penting dan akan membantu Anda meremajakan diri sendiri. Anda mungkin merasa kesal dan frustrasi jika Anda tidak bisa tidur nyenyak. Karena itu, lebih baik tidur nyenyak, jika tidak tidur nyenyak untuk membantu diri Anda merasa bersemangat dan menyegarkan.

2. Biarkan Anak-Anak Bersama Kakek-neneknya

Tidak diragukan lagi, Anda akan selalu khawatir tentang anak-anak Anda dan ingin selalu ada untuk anak-anak Anda. Tetapi meninggalkan anak-anak Anda bersama kakek-nenek bukanlah ide yang buruk. Dengan cara ini anak-anak Anda akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan ikatan dengan kakek-nenek mereka.

Juga, Anda akan mendapatkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan Anda yang tertunda, mencuci piring, menghadiri pertemuan penting, membeli bahan makanan, pergi ke gym, atau sekadar bertemu teman. Anda harus mengandalkan penatua untuk merawat anak-anak Anda selama Anda tidak ada.

3. Makan bareng anak saat menyuapinya

Sebagai seorang ibu, Anda mungkin ingin membuat anak-anak Anda makanan sehat dan memastikan mereka tidak kelaparan. Tetapi selama waktu ini, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memberi makan diri sendiri juga. Daripada menonton anak-anak Anda makan dari piring mereka, Anda bisa makan bersama mereka.

Ini memiliki dua manfaat, pertama, anak-anak Anda akan belajar makan sendiri dan mengembangkan etiket makan. Kedua, Anda akan makan tepat waktu dan karenanya memiliki keseimbangan energi yang tepat. Anda juga dapat memastikan bahwa Anda mengikuti rencana diet Anda sementara anak-anak Anda memiliki makanan sendiri.

4. Libatkan Anak Anda dalam Beberapa Kegiatan

Daripada membiarkan anak-anak Anda mengganggu Anda dan menangis sepanjang waktu, lebih baik melibatkan mereka dalam beberapa kegiatan. Seperti Anda dapat membawa beberapa pensil warna untuk anak-anak Anda dan biarkan mereka menggambar. Anda juga dapat membuat mereka menonton acara kartun atau kencan dengan anak-anak lain dari kelompok umur mereka.

Sementara itu, Anda bisa meregangkan tubuh, melatih tubuh, mencuci pakaian, atau memasak makanan. Anda juga dapat membaca buku saat anak-anak Anda sibuk mewarnai buku gambar mereka. Ini akan membuat anak-anak Anda bersenang-senang dan mempelajari beberapa keterampilan baru.

5. Bagilah Tanggung Jawab Dengan Pasangan

Pasangan Anda sama-sama bertanggung jawab atas anak-anak. Tidak diragukan Anda adalah orang tua kandung dari anak-anak Anda, tetapi itu tidak mengurangi tanggung jawab pasangan Anda. Anda dapat meminta pasangan Anda untuk merawat anak-anak saat Anda sibuk melakukan pekerjaan lain. Dengan cara ini Anda dapat memiliki waktu untuk berbelanja, menonton film, atau mengikuti rutinitas perawatan kulit.

6. Berikan tanggung jawab Pekerjaan Yang Mudah Dilakukan anak

Sangat jelas bagi para ibu untuk melakukan setiap pekerjaan anak-anak mereka dan memastikan anak-anak itu bekerja dengan baik. Tetapi alih-alih menanggung beban di kepala Anda sepanjang hari, Anda dapat menetapkan beberapa pekerjaan yang mudah dilakukan untuk anak-anak. Seperti Anda dapat meminta anak Anda untuk membuat tempat tidur, mengatur mainan mereka atau menyirami tanaman. Dengan cara ini anak-anak Anda tidak hanya akan belajar hal-hal baru tetapi juga akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. Sebagai gantinya, Anda dapat menghabiskan waktu Anda melakukan apa yang Anda sukai.