Jangan Bercinta dan 9 Hal Ini Saat Haid, Cek Sebabnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
24_ksesehatan_ilustrasinyerihaid

24_ksesehatan_ilustrasinyerihaid

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menstruasi atau haid kadang-kadang disertai dengan nyeri perut, kembung, lesu, nyeri payudara, dan suasana hati yang berubah-ubah. Jadi, jangan heran jika selama haid Anda hanya ingin tiduran seharian atau berdiam diri di rumah.

Namun, ternyata hal itu justru memperparah keluhan yang datang saat haid. Anda disarankan berolahraga karena itu terbukti dapat membantu mengurangi kram dan nyeri haid. Bahkan, olahraga juga mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Selain olahraga, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari saat haid, termasuk mengkonsumsi susu dan makanan asin. Apa lagi?  

1. Mengkonsumsi makanan asin

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin bisa membuat gejala haid menjadi lebih buruk. Makanan asin mendorong terjadinya retensi air yang dapat memperburuk kembung dan kram yang dirasakan oleh wanita saat menstruasi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan asin, apalagi dalam jumlah tinggi, pada saat haid.

2. Mengkonsumsi kafein

Apakah Anda wanita pecinta kopi? Jika iya, sebaiknya hindari dulu menyeruput kopi ketika menstruasi. Sebab kafein yang terdapat dalam kopi, teh, soda, dan minuman mengandung kafein lainnya dapat mempengaruhi hormon seks selama menstruasi dan bisa menurunkan aliran darah pada rahim.

3. Bercinta

Terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa bercinta saat menstruasi dapat meningkatkan risiko tertular penyakit menular seksual. Peningkatan risiko ini terjadi karena penyakit yang ditularkan melalui darah lebih mudah berpindah.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menahan dulu keinginan untuk bercinta ketika sedang menstruasi demi menghindari berbagai penyakit.

4. Menggunakan douche

Hindari menggunakan douche selama menstruasi karena secara umum douche malah akan mengganggu keseimbangan mikroorganisme normal yang ada dalam vagina. Hal ini tentu bisa memicu terjadinya infeksi.

5. Berdiam diri

Ketika menstruasi, umumnya wanita memang ‘mager’ alias malas gerak. Namun, olahraga terbukti dapat membantu mengurangi kram dan nyeri yang dialami saat haid.

Olahraga bahkan juga mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jadi, ayo bangun dan bergerak saat datang bulan tiba.

6. Menggunakan pembalut terlalu lama

Mengganti pembalut secara teratur merupakan bagian penting dalam menjaga kebersihan area kewanitaan. Namun, sebagian wanita lupa atau secara sengaja menggunakan satu pembalut untuk waktu yang lama, bahkan sampai seharian.

Hal ini bisa menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Sebaiknya, patuhi larangan saat haid ini dengan mengganti pembalut sebanyak 3-4 jam sekali ketika menstruasi.

7. Waxing

Ketika menstruasi, perubahan hormon membuat tubuh lebih peka terhadap rasa sakit dan kulit menjadi lebih sensitif. Oleh sebab itu, saat melakukan waxing Anda akan merasakan sakit yang berlipat ganda.

Jadi, hindarilah melakukan waxing atau kegiatan lain yang bisa menambah rasa sakit saat menstruasi.

8. Minum susu dan produk berbahan susu

Selama menstruasi, Anda sebaiknya menghindari minum maupun produk berbahan susu. Sebab susu dapat membuat perut terasa kembung.

Kandungan gas yang banyak dalam perut karena pengaruh hormon bisa diperburuk dengan mengonsumsi susu atau produk berbahan susu. Hal ini bahkan juga dapat memicu terjadinya kram atau iritasi usus.

9. Begadang

Tidur merupakan hal yang penting untuk membuat tubuh beristirahat dan memulihkan energi. Begadang atau tidur lebih sedikit dari biasanya bisa meningkatkan hormon stres kortisol. Hal ini dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan gejala premenstruasi semakin berat.

10. Merokok

Merokok memang merupakan kebiasaan yang buruk. Merokok juga bisa membuat gejala haid terasa lebih buruk, selain buruk untuk kesehatan lainnya.

Sebuah studi dari jurnal Tobacco Control menemukan bahwa wanita perokok cenderung mengalami dismenore atau nyeri haid yang lebih menyakitkan daripada wanita yang tidak merokok. Jadi, sebaiknya Anda patuhi larangan saat haid ini.

Berbagai larangan saat haid tersebut sebaiknya Anda patuhi agar menstruasi berjalan lebih ringan, dan Anda tetap dapat beraktivitas sebagaimana mestinya.

Akan tetapi, jika menstruasi terasa tak biasa, sangat menyakitkan, pendarahan berat untuk waktu yang lama, atau membuat Anda tak bisa beraktivitas, sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menemukan penyebab dan meresepkan obat untuk meredakan gejala menstruasi yang Anda alami.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."