Resolusi 2020 Mau Diet? Hindari Pil Diet dan 7 Kesalahan Lainnya

Ilustrasi diet. shutterstock.com

kesehatan

Resolusi 2020 Mau Diet? Hindari Pil Diet dan 7 Kesalahan Lainnya

Senin, 30 Desember 2019 11:03 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun baru 2020 menandakan awal baru di semua bidang kehidupan. Tentu setiap orang ingin membuat perubahan positif tertentu di awal tahun, sehingga kita dapat mempertahankannya sepanjang tahun. Baik itu bekerja keras untuk menaiki tangga karier, melakukan upaya untuk meningkatkan hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai, meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda, adalah beberapa contoh untuk resolusi 2020.

Namun salah satu hal terpenting yang harus kita upayakan untuk ditingkatkan adalah kesehatan kita. Tanpa kesehatan yang baik, bahkan kesuksesan di bidang karier dan hubungan yang baik, tidak dapat dinikmati sepenuhnya. Salah satu yang perlu ditingkatkan adalah diet sehat, bukan yang menyiksa diri.

Melansir laman Boldsky, berikut ini beberapa kesalahan diet yang harus dihindari agar resolusi 2020 Anda terwujud 

1. Menghindari makanan tertentu

Saat ini orang mengikuti diet tertentu yang mengharuskan mereka menghilangkan kelompok makanan tertentu seperti produk susu atau karbohidrat sepenuhnya dari makanan mereka. Ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, karena semua nutrisi diperlukan untuk kesehatan yang baik. Kuncinya adalah mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas.

2. Menetapkan target yang tidak realistis

Banyak orang yang ingin menurunkan atau menambah berat badan dengan cepat dapat menetapkan target diet yang sangat tidak realistis dari sudut pandang kesehatan. Misalnya, mereka menetapkan target turut 10 kilogram dalam 15 hari dan membuat diri mereka kelaparan dan kecewa ketika mereka tidak mencapai target berat badan itu.

Jadi, penting untuk menetapkan tujuan yang memungkinkan Anda mengelola berat badan dengan cara yang sehat.

3. Konsumsi pil diet

Banyak orang konsumsi pil diet yang menjanjikan penurunan berat badan super cepat. Namun, telah terbukti berkali-kali bahwa pil ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga dapat menyebabkan masalah kecanduan. Jadi, penurunan berat badan harus selalu dilakukan dengan cara alami.

4. Tidak mengenali hasil

Ketika Anda telah mengikuti rutinitas diet sehat, ditambah dengan olahraga, penting untuk mengakui hasilnya, karena, hal itu akan semakin memotivasi Anda untuk tetap dengan rutinitas diet tersebut.

5. Memiliki banyak aturan makanan

Diet adalah semua tentang aturan dan disiplin ketika datang kebiasaan makan, seperti, tidak makan makanan berlemak dan lainnya. Namun, jika Anda mulai memiliki terlalu banyak aturan makanan, maka Anda mungkin menemukan sulit untuk menjaga kebiasaan dan ini bisa mengakibatkan kurangnya hasil. Jadi, lebih baik untuk memulai dengan lambat dan mantap.

 6. Tidak sabaran

Sama seperti bagaimana Anda harus mengenali hasil dari upaya diet Anda untuk membuat diri Anda termotivasi, dengan cara yang sama Anda juga harus cukup sabar untuk menunggu hasilnya, karena mungkin butuh beberapa saat untuk melihat metabolisme bekerja begitu Anda mulai berdiet.

7. Menghindari lemak sepenuhnya

Banyak orang yang memulai diet baru percaya bahwa menghindari semua jenis makanan berlemak dapat membantu mereka menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, lemak sehat yang ditemukan dalam makanan seperti kelapa, ghee, alpukat, dan lainnya sangat diperlukan untuk kesehatan yang baik dan harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

8. Melewatkan waktu makan

Melewatkan makan, terutama sarapan, karena Anda berpikir bahwa kebiasaan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dapat terbukti tidak produktif dan berbahaya bagi kesehatan, karena dapat memperlambat metabolisme Anda dan menyebabkan kekurangan gizi.

YUNIA PRATIWI