3 Latihan Otot Panggul untuk Menguatkan Otot Miss V

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita duduk menyilangkan kaki. shutterstock.com

Ilustrasi wanita duduk menyilangkan kaki. shutterstock.com

IKLAN

Tidak ada cara merapatkan vagina karena vagina pada dasarnya tidak perlu dirapatkan. Namun, para wanita bisa menerapkan cara untuk menguatkan otot vagina, alih-alih mencari tahu cara merapatkan vagina.

Jika Anda ingin menguatkan otot vagina, maka Anda perlu melatih otot pelvis atau otot panggul. Otot panggul adalah otot yang digunakan berperan untuk menyokong kantong kemih, saluran kandung kemih, dubur, dan usus kecil Anda. Otot ini bisa melemah seiring bertambahnya usia atau seusai melahirkan. 

Otot panggul yang lemah dapat membuat Anda merasakan nyeri di daerah panggul atau saat bercinta, memiliki keinginan untuk buang air kecil terus-menerus, dan tidak mampu menahan air seni atau kentut.

Cara merapatkan vagina dengan menguatkan otot panggul bisa dilakukan dengan berbagai latihan, seperti berikut

1. Latihan pergerakan otot panggul

Latihan pergerakan otot panggul bisa menjadi salah satu pilihan cara merapatkan vagina dengan menguatkan otot panggul. Pertama-tama, berdirilah sejajar dengan bahu dan bokong yang bersandar di dinding.

Tarik perut ke arah tulang belakang dengan posisi punggung menempel di dinding. Tegangkan perut selama kurang lebih empat detik dan lemaskan. Lakukan latihan ini 10 kali sebanyak lima kali sehari.

2. Senam kegel

Senam kegel adalah salah satu latihan menguatkan otot panggul sebagai cara merapatkan vagina yang cukup terkenal. Anda baru bisa melakukan latihan ini jika sudah mengetahui letak dari otot panggul yang dimiliki.

Senam kegel dapat dilakukan sebanyak tiga set dan diulang lima sampai 10 kali sehari. Anda bisa bertanya kepada dokter untuk mengetahui cara melakukan senam kegel yang benar.

3. Neuromuscular electrical stimulation (NMES)

NMES dapat menguatkan otot panggul dengan mengirimkan aliran listrik pada otot panggul Anda. Aliran listrik tersebut dapat membuat otot panggul berkontraksi dan melemas. Anda bisa membeli alat NMES ataupun mengunjungi dokter untuk menjalani penanganan NMES.

Umumnya, penanganan NMES berlangsung hingga 20 menit dan sebaiknya dilakukan satu kali tiap empat hari dalam beberapa minggu.

Sebelum melakukan latihan-latihan di atas sebagai cara merapatkan vagina dengan menguatkan otot panggul. Anda bisa berdiskusi dengan dokter mengenai latihan apa yang paling sesuai untuk Anda.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."