Hari Guru, Happy Salma dan 2 Seleb Ini Pernah Menjadi Guru

Aktris Happy Salma saat ditemui dalam konferensi pers pementasan teater 'Bunga Penutup Abad' di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, 31 Oktober 2018. TEMPO/M Taufan Rengganis

ragam

Hari Guru, Happy Salma dan 2 Seleb Ini Pernah Menjadi Guru

Senin, 25 November 2019 08:05 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap tanggal 25 November kita memperingati Hari Guru. Di hari spesial ini menjadi momentum untuk mengingat jasa para guru dan mengungkapkan terima kasih kepada para pahlawan tanpa tanda jasa itu. Di Hari Guru, para siswa biasanya menunjukkan apresiasi kepada guru mereka.

Selain pernah menjadi siswa, sejumlah pesohor di Tanah Air ini pernah berprofesi sebagai guru. Menjadi guru membuat mereka lebih berhati-hati dalam bertutur dan memahami gambaran besar dari apa yang disampaikan. Siapa saja mereka?

1. Desy Ratnasari

Artis Desy Ratnasari berpose sebelum mengikuti pelantikan DPR periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019. Desy tampil berkebaya biru yang dipadukan dengan inner brokat putih dan turban. TEMPO/M Taufan Rengganis

Desy Ratnasari aktif di panggung politik menjadi wakil rakyat di Senayan. Ia sudah dua kali terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Untuk masa bakti 2019-2024, aktris sinetron yang beken pada era 90-an hingga 2000-an awal ini, berhasil meraup suara sebanyak 86.450 di daerah pemilihan Jawa Barat IV. 

Selain menjadi wakil rakyat, Desy Ratnasari juga pernah menjadi dosen ilmu psikologi di Universitas Atmajaya. Ibu satu putri mengatakan kegiatan mengajar membuat ia bangga karena ilmunya bermanfaat bagi orang lain. "Senang bisa berbagi sesuatu yang kita miliki membuat kita merasa jauh lebih berguna untuk orang lain," kata wanita 45 tahun ini.

Kini, Desy memilih fokus menjadi wakil rakyat, "Terakhir tugas-tugas di DPR semakin membuat saya menjadi padat, kemudian lebih banyak berpikir," tutur Desy dalam kanal YouTube Alvin & Friends yang diunggah 11 Maret 2019.

2. Susan Bachtiar

Susan Bachtiar

Presenter Susan Bachtiar pernah menjadi guru bahasa Inggris di TK St. Theresia, Menteng, Jakarta Pusat. Saat itu, bintang film Bebas ini fokus meningkatkan edukasi dengan menulis buku anak yang terinspirasi dari anaknya sendiri, Tristan.

Buku cerita berjudul 'Tristan The Traveler' ini diharapkan bisa menarik perhatian anak untuk kembali ke buku dibanding main gadget. "Dunia pendidikan memang dunia saya. Saya memang tertarik apalagi saat mengajar anak-anak," tutur Susan Bachtiar di YouTube Falcon.

3. Happy Salma

Aktris dan pebisnis perhiasan Happy Salma saat ditemui di acara pameran Merayakan Nusantara di Bimasena Lounge, The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat 22 November 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

Aktris sekaligus pebisnis perhiasan, Happy Salma selalu menunjukkan rasa cintanya pada pendidikan, terutama sastra. Karier sebagai seorang seniman bangkit karena ia menekuni ilmu Bahasa Indonesia. Ibu dua anak ini pernah menjadi seorang guru TK di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Lantaran pernah menjadi guru TK, Happy Salma senang membuat cerita untuk anak-anak.

 

ASTARI PINASTHIKA SAROSA | CHITRA PARAMAESTI