Gerak-Gerik Mesranya Nadiem Makarim dan Franka Franklin

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem didampingi istrinya, Franka Franklin dalam acara pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. Saat ini Franka mengelola bisnis perhiasan bersama dua rekannya, Happy Salma dan Sri Luce Rusna dengan nama Tulola Jewellery. Antaranews/Hanni Sofia

cinta

Gerak-Gerik Mesranya Nadiem Makarim dan Franka Franklin

Sabtu, 23 November 2019 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sosok Nadiem Makarim telah lama menjadi perbincangan. Sejak kejeliannya melihat peluang usaha yang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya lewat startup Gojek. Startup yang sudah berstatus decacorn ini didirikan bersama kedua temannya pada 2015 silam. Di tahun 2019, lebih tepatnya 23 Oktober 2019 menjadi salah satu hari bersejarah dalam hidupnya. Ia dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Di momen itulah, kehadiran Franka Franklin sebagai istri Nadiem kian menjadi sorotan publik. Bicara mengenai sorotan, perempuan yang telah berkarier di dunia retail ini jujur mengungkapkan masih di tahap belajar.

Saat ditemui Cantika dalam pembukaan butik keempat Tulola di Plaza Indonesia pada 30 Oktober 2019, ia juga bercerita belajar banyak dengan Nadiem terkait sorotan.

“Kalau persiapan saya mungkin lebih banyak tanya sama mas Nadiem, ya. Gimana sih ngejalanin ke depannya dengan banyak sorotan.  Karena dia kan udah lebih tahu,” ungkap Franka.

“Tapi satu yang selalu dia lakukan dan saya juga lihat. Kita melihat ke depan, terus belajar aja. Terus dengerin apa yang diperlukan. Dan nantinya baru kita lihat apa yang bisa kita bantu,” tutur Franka.

Franka Franklin, istri Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 dan pebisnis perhiasan, saat ditemui di pameran Merayakan Nusantara di Bimasena Lounge, The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat 22 November 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

Pada Kamis 22 November 2019, Cantika bertemu kembali dengan Franka Franklin masih dalam nuansa bisnis perhiasannya Tulola yang dikelola bersama Happy Salma dan Sri Luce Rusna.

Ia kembali menyambut hangat kehadiran Cantika, meski tetap sama ungkapannya saat pertama kali kami berjumpa. “Mohon maaf ya, Mbak. Kalau selain Tulola, aku enggak bisa jawab,” ungkap perempuan  lulusan jurusan bisnis internasional dan studi pengembangan di Hogeschool Rotterdam, Belanda.

Selama perjumpaan ia terbuka menjelaskan soal produk Tulola dan gaya mix and match aksesori pilihannya. Di acara pameran itu, Nadiem sempat hadir dalam waktu singkat, kurang dari 30 menit. Kami para media yang hadir saat itu sudah diintruksikan untuk tidak memfoto dan mewawancarai Nadiem Makarim di momen itu sesuai arahan protokoler.

Meskipun tanpa alat bantu kerja, Cantika tetap ingin berbagi pandangan mata kebersamaan menteri termuda ini dengan istrinya.

Saat memasuki ruang pameran, Franka dan Nadiem berjalan beriringan. Kemudian Franka terlihat memperkenalkan Nadiem kepada seniman Joko Avianto yang memamerkan instalasi seni dari media bambu yang terinspirasi dari motif Megamendung Cirebon. Joko Avianto juga dikenal dengan karya seni Getah-Getih yang sempat hits dan bercokol di masa Asian Games 2019.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat perkenalan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Veranda Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. TEMPO/Subekti

Kemudian Nadiem mengelilingi instalasi seni itu, bahkan sempat masuk ke dalamnya. Franka yang berada di sisi berbeda berusaha mencarinya dengan berkata, “Nadiem, where are you?”

Pria berusia 35 tahun itu pun menjawab, “I’m here, ok I’m done.” Nadiem tak canggung untuk masuk ke dalam instalasi meski seluruh mata tamu menuju kepadanya. Sementara itu, Franka pun tak sungkan berlari kecil menghampiri suaminya yang berada di sisi lain.

Usai menjelajahi instalasi, pasangan ini beralih ke area pameran perhiasan dan aksesori bisnis istrinya. Meski untuk kesekian kalinya Nadiem hadir mendukung pekerjaan istrinya, ia terlihat tekun mendengarkan penjelasan istrinya dan merespons para tamu yang ingin berjabat tangan dan berfoto.

Pasangan yang menikah pada 2014 ini terlihat beberapa kali saling menatap mata dan melempar senyum satu sama lain, tidak terlalu jelas apa yang dibicarakannya. Usai mengelilingi pameran, Nadiem pun diminta berfoto bersama Happy Salma, Sri Luce Rusna, dan sahabat Tulola lainnya yang kebanyakan para pesohor dan istri pejabat pemerintahan. Menjelang waktu salat Jumat, Nadiem bergegas pergi diantarkan oleh istrinya.

Menariknya di perjumpaan singkat itu, Nadiem terlihat mengenakan baju batik lengan panjang yang sudah dipakainya dalam beberapa kesempatan publik. Ia mengenakan baju tersebut saat Presiden Jokowi memperkenalkan 34 menteri di Kabinet Indonesia Maju di Veranda Istana Negara pada 23 Oktober 2019.

Lalu, ia pakai kembali saat menghadiri rapat dengan anggota DPR pada 6 November 2019. Baju bernuansa biru tua yang dikenakan Nadiem terlihat senada pula dengan atasan biru rancangan Biyan yang dipakai oleh Franka.