Waktu yang Tepat Mendongeng untuk Anak, Tak Selalu Malam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi orang tua mendongeng. emotionaldevelopment.org

Ilustrasi orang tua mendongeng. emotionaldevelopment.org

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMendongeng bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Sebab kegiatan itu menstimulasi kinerja semua bagian otak anak saat mendengar cerita ataupun sebaliknya kala anak bercerita. Di antaranya melatih kemampuan berbahasa dan berbicara yang terkait dengan tingkat kecerdasan.

Berkaca dari beragam manfaat itu, biasanya para orang tua memilih waktu malam untuk mendongeng. Namun beberapa di antara kita beranggapan malam hari bukan waktu terbaik untuk orang tua atau anak yang sudah kelelahan beraktivitas. Lalu, kapan waktu yang tepat?

“Tidak ada penelitian yang menyebutkan kapan waktu yang tepat untuk mendongeng. Waktu yang tepat untuk mendongeng adalah saat anak mendengarkan kita dengan baik dan kita siap pula,” ucap spesialis saraf anak Dr. Herbowo Soetomenggolo saat ditemui di acara peluncuran Nivea #Sentuhan Ibu di Jakarta Selatan, Rabu 13 November 2019.

Dr. Herbowo Soetomenggolo SpA(K), spesialis saraf anak, saat ditemui di acara peluncuran Nivea #SentuhanIbu World of Imagination di Terrace, The Maj Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 13 November 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

Lebih lanjut ia memaparkan, “Rata-rata dipilih malam karena anak sudah selesai beraktivitas. Tetapi kalau misalnya orang tua kerjanya pas malam, nganggurnya siang. It’s ok. Mendongeng untuk anak di siang hari.”

Menurut dokter Herbowo, saat memilih waktu mendongeng untuk anak yang dipentingkan adalah orang tua menyediakan waktu khusus. “Mendongeng jangan disambi main hp atau kerja, kita bener-bener fokus ke cerita. Atau sebaliknya kalau anak masih lari-larian dan mau main, kita tunggu dia selesai. Kalau kita paksa cerita, nanti emosi yang ada. Waktu mendongeng yang tepat saat Anda meluangkan waktu dan anak siap pula dengan aktivitas mendongeng,” tutur dokter Herbowo.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."