4 Manfaat Minum Susu Tertentu Sebelum Tidur, Bisa Atasi Insomnia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum susu. iss.it

Ilustrasi wanita minum susu. iss.it

IKLAN

Sama seperti secangkir teh hangat, segelas susu hangat berpengaruh membuat pikiran semakin rileks jelang tidur. Mempertimbangkan perspektif ini, artinya belum ada pembuktian secara ilmiah bahwa minum susu sebelum tidur memang membuat kualitas tidur meningkat.

Meski belum terbukti secara ilmiah, masih banyak orang meyakini bahwa minum susu sebelum tidur adalah sesuatu yang membuat rileks dan nyaman. Untuk lebih mendapatkan manfaatnya, tidak ada salahnya membuat susu dengan bahan lain yang jelas berkhasiat untuk tubuh, seperti:

1. Susu kunyit

Jangan langsung mengernyitkan dahi, karena susu kunyit tidak akan terasa dominan kunyitnya. Anda hanya perlu menambahkan 1 ½ sendok teh kunyit ke dalam 2 cangkir susu. Susu kunyit kaya akan antioksidan dan merupakan salah satu contoh bahan anti peradangan alami. Minum susu kunyit sebelum tidur juga dapat membuat tubuh rileks, meningkatkan mood, dan mengurangi rasa cemas berlebih. 

2. Susu teh hijau

Pencinta matcha atau teh hijau, tak ada salahnya membuat kreasi susu teh hijau. Meskipun mengandung kafein yang sebaiknya dihindari sebelum tidur, substansi L-theanine dalam teh hijau jauh lebih dominan ketimbang kafeinnya.

Dampaknya bagi tubuh selain membuat rileks adalah menjaga metabolisme tubuh tetap stabil. Tak hanya itu, L-theanine dalam teh hijau juga meningkatkan produksi serotonin yang meningkatkan kualitas tidur.

3. Susu stroberi

Jika Anda memiliki buah stroberi yang segar, salah satu cara mengolahnya adalah dengan mencampurkannya dengan stroberi. Tren ini pernah viral di Korea Selatan beberapa waktu lalu, sebagai salah satu ritual minum susu sebelum tidur. Kandungan vitamin B-6 dalam stroberi membantu menjaga siklus tidur dan terjaga. Tak hanya itu, vitamin C dari stroberi juga menjaga kesehatan kulit.

4. Susu pisang

Tak kalah menarik olahan susu dengan pisang, buah yang kaya akan magnesium dan potasium. Kandungan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi mereka yang mengalami insomnia, terutama orang lanjut usia.

Tak hanya itu, pisang juga mengandung tryptophan yang bisa menjaga siklus tidur dan terjaga tetap teratur. Sebagai bonus, kandungan magnesnesium juga membantu membuat otot rileks secara alami.

Satu lagi hal yang juga kerap menjadi pertanyaan, mana yang lebih baik antara minum susu sebelum tidur dan minum susu di pagi hari? Jika masalah berat badan ideal masih menjadi isu bagi Anda, direkomendasikan untuk minum susu di pagi hari saja.

Sebab, minum susu sebelum tidur setidaknya mengandung 120 kalori. Metabolisme tubuh  pun semakin pelan saat tidur, artinya akan lebih sulit membakar kalori tersebut. Dikhawatirkan pula, minum susu sebelum tidur dapat mengganggu proses detoksifikasi oleh hati saat dini hari.

Namun pilihan ini kembali lagi ke setiap individu. Jika masalah berat badan bukan hal utama sementara masalah kualitas tidur lebih dominan, tak ada salahnya untuk minum susu sebelum tidur.

Perhatikan kebutuhan tubuh dan coba bereksperimen dengan beberapa resep susu yang bermanfaat bagi tubuh. Tak harus susu sapi, ada banyak sekali alternatif susu lainnya seperti susu almond, susu kedelai, dan susu berbahan dasar nabati yang bisa jadi alternatif mereka yang mengalami alergi laktosa.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."