Pahami 7 Tanda Perimenopause, Masa Peralihan sebelum Menopause

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tetap Prima Menjelang Menopause

Tetap Prima Menjelang Menopause

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Periode transisi yang dialami oleh semua perempuan saat akan memasuki masa berakhirnya menstruasi atau menopause disebut perimenopause. Masa peralihan ini dapat berlangsung selama 4-10 tahun sebelum periode menopause terjadi.

Periode ini dapat dimulai pada usia 30-40 tahun. Namun masa ini dapat pula muncul lebih awal. Pada fase ini, indung telur (ovarium) akan memproduksi lebih sedikit estrogen secara bertahap. Selama 1-2 tahun terakhir perimenopause, produksi estrogen akan menurun secara drastis. Kemudian Anda menopause pun tiba, di mana ovarium sama sekali berhenti melepaskan sel telur.  Ketika memasuki fase perimenopause, wanita umumnya akan mengalami sejumlah gejala akibat perubahan kadar hormon reproduksi dalam tubuhnya.

 

Berikut beberapa gejala perimenopause

 

1. Siklus menstruasi yang tidak teratur

Ketika Anda memasuki masa perimenopause, siklus menstruasi biasanya mengalami kekacauan. Pasalnya, tamu bulanan ini menjadi tidak teratur. Durasi menstruasi juga dapat menjadi lebih lama maupun lebih pendek. 

Jika terjadi perubahan selama tujuh hari atau lebih pada siklus menstruasi, Anda mungkin mengalami perimenopause dini. Sementara bila jumlah hari antar siklus menstruasi Anda melebihi 60 hari, Anda mungkin sedang mengalami tahap akhir perimenopause. 

Agar siklus menstruasi menjadi lebih teratur, Anda bisa minum pil KB dengan dosis rendah. Namun selalu konsultasikan ke dokter kandungan dulu mengenai hal ini.

2. Vagina kering dan risiko infeksi saluran kemih

Akibat penurunan produksi estrogen, produksi cairan pelumas dan kelenturan pada jaringan vagina atau miss V Anda akan berkurang. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa gatal dan pegal. Demikian pula dengan nyeri saat bercinta. Selain itu, penurunan produksi estrogen juga dapat membuat kaum hawa lebih rentan untuk mengalami infeksi saluran kemih dan infeksi pada miss V. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."