8 Efek Samping Konsumsi Pil KB dari Mood Swing dan Nyeri Payudara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang pil KB. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang pil KB. shutterstock.com

IKLAN

3. Mual

Reaksi lain yang mungkin muncul saat mengonsumsi pil KB adalah rasa mual seperti ingin muntah. Hal ini terjadi terutama apabila seseorang baru mulai mengonsumsi pil KB. Selama masih bisa ditoleransi, tidak masalah. Tapi jika terasa mengganggu, coba tanyakan pada dokter kandungan Anda.

4. Gairah seksual fluktuatif

Memang wajar jika gairah seksual seseorang naik turun bergantung pada kondisi dan rangsangan. Namun pada orang yang mengonsumsi pil KB, fluktuasi gairah seksual ini bisa terjadi lebih dominan dari biasanya.

5. Mood berubah

Hormon yang berubah terkadang membuat mood menjadi tak bisa ditebak. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang akan menstruasi atau menopause. Namun wanita yang mengonsumsi pil KB juga bisa merasakan hal serupa. 

6. Payudara tak nyaman

Lagi-lagi karena ada perubahan hormon, sangat mungkin seseorang merasa tidak nyaman pada payudaranya. Sensasi yang kerap terasa adalah rasa nyeri dan sensitif pada payudara. Jika terasa sangat mengganggu hingga menghambat aktivitas, coba cari alternatif metode KB lainnya.

7. Sakit kepala dan migrain

Wanita yang mengonsumsi pil KB juga lebih rentan mengalami sakit kepala dan migrain. Hal ini terjadi ketika tubuh tengah beradaptasi dengan perubahan hormon. 

8. Keputihan

Wajar jika cairan dari vagina seperti keputihan keluar lebih banyak ketika mengonsumsi pil KB. Hal ini terjadi karena ada peningkatan hormon progesteron. Selama keputihan tetap berwarna putih atau kekuningan, tidak gatal, dan tidak berbau menyengat, tidak ada masalah.

9. Penebalan kornea mata

Berubahnya hormon saat mengonsumsi pil KB juga dikaitkan dengan penebalan kornea mata. Biasanya, orang yang mengenakan lensa kontak akan merasakan hal ini lebih dominan ketimbang yang mengenakan kacamata.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."