4 Latihan dengan Barbel Ini Bisa Kencangkan Lengan Bergelambir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lengan wanita. Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi lengan wanita. Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan lengan tangan yang terlihat kecil, kencang, dan berotot menciptakan kesan atletis. Namun, terkadang menemui kesulitan dalam cara mengecilkan lengan tangan sehingga membuat Anda cukup frustrasi. Meskipun Anda sering mendengarkan mengenai tips atau latihan tertentu yang dijadikan cara mengecilkan lengan tangan, faktanya cara mengecilkan lengan tangan yang efektif adalah dengan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Lengan tangan umumnya terlihat besar karena adanya lemak berlebih yang menumpuk di lengan. Oleh karenanya, Anda perlu membakar lemak berlebih dalam tubuh sebagai cara mengecilkan lengan tangan.  Perlu diketahui bahwa proses dari cara mengecilkan lengan tangan membutuhkan waktu dan tidak bisa diraih secara instan. Tiap orang memiliki durasi yang berbeda-beda dan tergantung dari genetiknya. Ada yang membakar lemak lebih cepat di bagian perut dan ada pula yang lebih cepat membakar lemak di lengan tangan.

Anda bisa menurunkan kadar lemak tubuh dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan melakukan aktivitas yang bisa membakar lemak Anda, seperti dengan berolahraga. Saat berolahraga, jangan hanya fokus pada olahraga kardio saja, tetapi lakukanlah juga olahraga yang dapat membentuk otot dan melatih kekuatan tubuh, seperti angkat beban.

Salah satu cara lain untuk mengecilkan lengan tangan adalah dengan meningkatkan kadar otot. Hal ini karena otot dapat menggantikan posisi lemak dan membuat lengan tangan terlihat lebih kecil. Selain itu, otot dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat menambah kinerja tubuh dalam membakar lemak. Dengan kata lain, meningkatkan kadar otot dapat membuat Anda lebih mudah membakar lemak dalam tubuh.

Bila Anda ingin mengkombinasikan latihan-latihan cara mengecilkan lengan tangan ke dalam olahraga yang dilakukan, Anda bisa mencoba beberapa latihan-latihan cara mengecilkan lengan tangan dengan barbel atau dumbbells.

4 jenis latihan untuk mengecilkan lengan

1. Hammer curls with dumbbells

Hammer curls with dumbbells adalah gerakan cara mengecilkan lengan tangan yang dilakukan sambil berdiri tegak selebar bahu dan lutut yang sedikit menekuk atau dalam posisi duduk dengan punggung yang tegak.

Pegang barbel dengan kondisi telapak tangan menghadap samping tubuh. Tekukkan siku dan angkat barbel sampai sejajar dengan bahu. Tetap biarkan barbel di samping Anda dan ulang gerakan tersebut beberapa kali. Gerakan ini bisa dilakukan pada satu ataupun dua lengan. 

2. Triceps kickback with dumbbells

Posisi triceps kickback with dumbbells memerlukan flat bench atau kursi panjang yang datar. Pertama-tama, taruh lutut kanan dan tangan kiri pada flat bench dan biarkan punggung tetap datar. Ambil barbel dengan tangan kanan dan juntaikan lengan ke bawah. Gerakkan siku kanan ke belakang sampai lengan kanan sejajar dengan lantai dan barbel berada di belakang Anda.

Gerakan ini dilakukan dengan siku, bukan bahu. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali sebelum melakukan hal yang sama dengan lengan kiri Anda. Saat melakukan gerakan ini, jangan sampai bahu berpindah dan biarkan kepala dan punggung tetap lurus. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."