8 Kesalahan Perawatan Kulit Wajah dan Makeup Bikin Anda Lebih Tua

Ilustrasi makeup dengan eyeliner putih. Unsplash/Mihai Stefan

kecantikan

8 Kesalahan Perawatan Kulit Wajah dan Makeup Bikin Anda Lebih Tua

Senin, 7 Oktober 2019 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaMakeup dan perawatan kulit wajah ibarat pasangan suami-istri yang saling melengkapi. Kulit yang sehat memudahkan pengaplikasian makeup dalam tema apapun. Sebaliknya, makeup bisa dijadikan trik untuk menutupi tanda kelelahan di wajah seperti concealer menutupi lingkaran hitam di bawah mata atau memakai lipstik warna terang untuk membuat tampilan wajah segar.

Tapi bisa jadi sebaliknya, makeup dan perawatan kulit wajah bisa membuat tampilan lebih tua dari usia sebenarnya. Contohnya menggunakan terlalu banyak foundation hingga lupa menggunakan tabir surya bisa membuat kita terlihat lebih tua.

Mengutip laman Mirror, berikut ini sejumlah kesalahan dan cara atasinya seperti yang diungkapkan ahli kulit dan bedah plastik Paul Banwell.

1. Menjaga kelembapan kulit seiring pertambahan usia

Untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, Banwell mengatakan menggunakan metode sederhana untuk tetap terlihat awet muda. "Anda dapat memakai pelembap intensitas tinggi atau menggunakan produk yang tidak dapat dicerna seperti minuman kolagen cair. Saya sarankan Skinade, minuman kolagen terkemuka yang diformulasikan dengan hati-hati, campuran vitamin dan mineral yang menghasilkan kesehatan kulit yang optimal."

2. Hindari memakai terlalu banyak makeup

Mengenakan produk berbasis minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan berjerawat. Banwell mengatakan, “Efek dari pori-pori yang tersumbat karena terlalu banyak makeup bisa dibantu dengan facial medis seperti facial fotogenik dari TBC Skin atelier atau mikrodermabrasi diikuti oleh perawatan Dermalux LED.”

"Atau, saya akan merekomendasikan peningkatan hidroksi asam untuk keseimbangan pH dan pengelupasan kimia."

Namun, Anda juga dapat membuat perbedaan dengan melakukan perubahan kecil di rumah. Banwell menjelaskan, “Hindari pula produk makeup yang menggunakan wewangian dan berbasis alkohol secara berlebihan. Sebab dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan garis-garis serta kerutan wajah sejak dini. "Cobalah untuk menggunakan produk bebas minyak. Pilih pula foundation dan krim yang menghidrasi."

3. Proteksi kulit dari paparan bahaya polusi udara

Polusi udara dapat menyebabkan kulit wajah kering, kusam, pori-pori tersumbat dan penuaan kulit. “Beberapa tips untuk melindungi kulit Anda dari polusi adalah menggunakan tabir surya, menggunakan pelembap, dan gunakan produk pembersih,” tutur Banwell.

"Paparan sinar matahari, baik UV maupun inframerah, dapat menyebabkan kulit terbakar yang juga menimbulkan masalah penuaan pada kulit wajah."

Ilustrasi foundation dan kuas makeup. Pixabay.com

4. Jangan memakai foundation bubuk terlalu berlebihan

Foundation bubuk sering dianggap memberikan hasil akhir yang matte, tanpa cacat, namun bubuk itu juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya garis penuaan. “Hindari pemakaian foundation bubuk berlebihan, karena cenderung membentuk garis-garis halus kerutan yang dapat membuat kulit wajah Anda terlihat serpihan. Rawatlah kulit wajah secara rutin, misalnya gunakan masker imunologis. Itu melembapkan dan mengurangi peradangan pada kulit bermasalah atau sensitif,” ucap Banwell.

5. Jangan terlalu banyak memakai concealer

Concealer memang andal untuk menyembunyikan kekurangan dan ketidaksempurnaan di kulit wajah, tetapi juga memicu garis dan kerutan di wajah yang tidak diinginkan. Banwell mengucapkan, "Concealer mungkin menutupi lingkaran hitam di mata, tetapi juga menonjolkan garis-garis halus. Jadi pastikan hanya menerapkan concealer ke bagian dalam mata Anda."

6. Rutin menggunakan krim mata

Mempersiapkan kulit wajah sebelum memakai makeup juga merupakan kunci awet muda. “Kulit di sekitar mata lebih tipis daripada bagian wajah lainnya dan menunjukkan perubahan usia. Krim mata dan produk yang mengandung Retin A, suatu bentuk vitamin A, dinilai paling efektif meningkatkan stimulasi kolagen dan elastisitas kulit,” tukas Banwell.

7. Tabir surya tak boleh lupa dipakai  

Banwell menjelaskan, “Paparan sinar UV menyebabkan 90% kerusakan kulit. Bahkan orang yang sudah memiliki tanda-tanda penuaan kulit dini bisa terbantu dengan pemakaian rutin tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk memperbaiki beberapa kerusakan di wajah.”

“Peptida kolagen dalam minuman seperti Skinade juga bisa meningkatkan pergantian kolagen dan terbukti meminimalkan garis-garis halus di wajah. Di klinik Banwell, kami menawarkan perlindungan Ultimate Sunscreen dengan Rationale B3-T, yang akan memastikan kulit tidak terpengaruh paparan kuat di bawah sinar matahari, " ungkap Banwell. 

8. Rutin hapus makeup

Setelah hari yang panjang, mungkin tergoda untuk hanya berbaring di tempat tidur tanpa memikirkan kulit Anda. Banwell menjabarkan, ”Tidur dengan makeup dapat menyebabkan kerusakan kolagen sehat, sehingga memicu penuaan kulit wajah sejak dini. Saya akan merekomendasikan facial Plasma Shower untuk meningkatkan pembersihan kulit wajah dan menggunakan teknologi stem cell.

“Mandi plasma sendiri membantu meningkatkan tekstur dan kualitas kulit, tetapi dapat ditingkatkan dengan berbagai perawatan mesoterapi termasuk stem cell, asam hialuronat, dan vitamin. Pada dasarnya itu mendorong hidras yang penting untuk fungsi fisiologis optimal kulit wajah, serta optimalisasi proses biologis dan perlindungan kekebalan tubuh," tandas Banwell.