Atasi Bekas Jerawat dengan Produk Kecantikan 4 Bahan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berjerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masalah jerawat bakal menganggu dalam penampilan, bila tidak ditangani dengan tepat. Hal yang sama berlaku pada bekas jerawat atau bopeng yang menetap di wajah. Beruntungnya, banyak produk kecantikan yang bisa membantu mengatasi bekas jerawat. Tapi Anda harus jeli. Jika berniat untuk membeli produk-produk tersebut, perhatikan kandungannya dan cari nama-nama bahan di bawah ini. 

Berikut ini sejumlah kandungan yang baik untuk atasi bekas jerawat di wajah

1. Asam salisilat

Asam salisilat sudah sangat umum digunakan di berbagai produk perawatan untuk jerawat. Bahan ini akan membantu membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan, serta kemerahan di kulit.

Tidak hanya itu, asam salisilat juga akan memicu terjadinya pengelupasan di kulit. Sehingga, tidak heran jika bahan ini disebut sebagai salah satu bahan paling efektif, untuk mengatasi segala hal yang berhubungan dengan jerawat.

2. Asam alfa hidroksid

Asam alfa hidroksid sering ditemukan pada produk perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebab, bahan ini disebut dapat menyingkirkan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Pada produk kecantikan, bahan ini umumnya ditulis dengan Alpha Hidroxy Acids (AHA) dan dapat digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

3. Asam laktat

Asam laktat adalah salah satu bahan yang banyak terdapat pada produk penghilang jerawat. Bahan ini bekerja dengan cara memicu pengelupasan sel kulit mati di kulit, untuk mengurangi tampilan bopeng dan memperbaiki tekstur kulit.

Namun, asam laktat juga bisa menimbulkan efek samping, yaitu suatu kondisi yang dinamakan hiperpigmentasi, atau kulit akan terlihat berwarna lebih gelap. Karena itu, sebelum menggunakannya, ada baiknya jika Anda tes produk tersebut di bagian kulit lain, sebelum diaplikasikan ke wajah.

4. Retinoid

Retinoid topikal atau krim yang mengandung retinoid, dapat membantu memudarkan bopeng bekas jerawat. Bahan ini bekerja dengan cara mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit wajah.

Selain itu, retinoid juga mengurangi perubahan warna di kulit wajah yang terjadi akibat jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Namun, bahan ini akan membuat kulit Anda sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya, jika ingin berpergian.

Semua bahan di atas bisa menimbulkan efek yang berbeda, pada kulit orang yang berbeda. Berhati-hatilah dalam menggunakannya dan segera hentikan penggunaannya, apabila muncul iritasi atau reaksi alergi.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."