3 Khasiat Masker Rambut dari Minyak Kelapa

Ilustrasi masker rambut atau hair mask. Garnier.com

kecantikan

3 Khasiat Masker Rambut dari Minyak Kelapa

Minggu, 6 Oktober 2019 18:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian perempuan ingin terbebas dari bad hair day. Istilah untuk menggambarkan hari di mana rambut sangat susah diatur atau kusut. Salah satu cara terbebas dari bad hair day adalah dengan perawatan rambut secara rutin.

Jika tak punya banyak waktu perawatan di salon, Anda bisa menggunakan masker rambut dengan bahan utama minyak kelapa. Kandungan asam laurat atau sejenis asam lemak di dalamnya dapat menembus batang rambut untuk mendukung pertumbuhan dan melembabkan daerah yang kering. Asam laurat juga dikenal untuk mengisi kembali protein yang hilang karena perawatan warna dan pemutihan.

Dengan menggunakan masker rambut selama tiga puluh menit dapat mengembalikan kelembapan. Jika digunakan semalaman dapat melindungi rambut selama berminggu-minggu yang akan datang. Dan yang lebih membahagiakan, Anda dapat mencari bahan-bahan untuk masker rambut buatan sendiri ini dengan mudah.

Melansir laman Harper’s Bazaar, resep masker rambut dari minyak kelapa ini sangat sederhana. Bahan yang dibutuhkan tidak sampai 5 jenis dan membersihkannya pun hanya dalam beberapa menit. Apakah warna rambut Anda sudah kusam atau ujungnya putus, masker rambut minyak kelapa yang tepat dapat mengembalikannya.

1. Masker rambut untuk memulihkan rambut kering Masker rambut minyak kelapa tanpa embel-embel akan meresap rambut kering dan rapuh dengan kelembaban. Untuk menyiapkan resep sederhana ini, Anda perlu:

- 2 sendok makan minyak kelapa extra virgin atau Extra Virgin Coconut Oil- 1 sendok makan madu- 1 butir telur

Pertama, lelehkan minyak kelapa di atas kompor atau dalam microwave. Kocok telur dalam mangkuk terpisah; lalu kombinasikan telur dengan minyak kelapa panas. Tambahkan madu dan kocok lagi hingga merata.

Setelah memisahkan rambut yang bersih dan lembab menjadi beberapa bagian, pijat dengan lembut masker rambut ke setiap bagian dari akar hingga ujung. Pastikan setiap bagian tertutup secara merata. Kemudian, bungkus rambut Anda dengan topi mandi, t-shirt, atau handuk selama tiga puluh menit. Akhiri dengan membilas masker rambut dengan air dan sampo favorit Anda. Anda mungkin perlu dua atau tiga kali pembilasan untuk membersihkan masker sepenuhnya.

2. Masker minyak kelapa untuk mencegah rambut patah Masker rambut minyak kelapa saja, kaya untuk melembapkan rambut. Tambahkan cuka sari apel untuk memperkuat rambut. Untuk masker rambut manfaat ganda ini, Anda akan membutuhkan: 2 sendok makan minyak kelapa extra virgin atau extra virgin coconut oil dan 1 sendok makan cuka sari apel

Panaskan minyak kelapa sampai meleleh. Kemudian gabungkan dengan cuka sari apel dalam mangkuk, aduk rata. Oleskan masker ke rambut kering atau basah di beberapa bagian, secara merata menutupi setiap bagian dari akar ke ujung. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas. Ikuti dengan sampo dan kondisioner rutin Anda.

3. Masker rambut untuk memulihkan rambut yang sangat rusak Rambut yang sangat rusak akan membutuhkan resep yang sedikit berbeda. Alih-alih mencampur beberapa bahan untuk masker rambut minyak kelapa, Anda akan menggunakan dua sendok makan minyak kelapa saja.

Setelah memanaskan minyak kelapa, oleskan ke rambut basah atau kering apa adanya. Kemudian, bungkus dengan handuk atau topi mandi dan kenakan semalaman. (Kami sarankan untuk tetap memakai setidaknya selama tujuh jam.) Di pagi hari, bilas masker dengan sampo pilihan Anda dan keringkan. Masker rambut ini disarankan untuk rambut yang telah diwarnai beberapa kali.