Minyak Kelapa dan 6 Bahan Alami Ini Berkhasiat Atasi Stretch Mark

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi stretch marks. beautyandmakeup.net

Ilustrasi stretch marks. beautyandmakeup.net

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaStretch mark adalah masalah yang biasa dihadapi ibu hamil. Stretch mark atau tanda regangan berupa guratan kulit berpola memanjang yang tidak beraturan selalu menjadi masalah setiap orang. Kemunculannya bisa dikarenakan oleh berat badan yang bertambah, kehamilan, maupun berbagai alasan lainnya.

Walaupun tidak dapat hilang seperti sediakala, pengurangan strech mark dapat dilakukan. Perawatan ke tempat kecantikan bisa jadi pilihan dengan biaya yang tidak sedikit. Bagi yang ingin menggunakan bahan alami, tujuh jenis bahan ini bisa menjadi rekomendasi pengobatan secara alami dilansir dari laman Boldsky. 

1. Minyak jarak

Tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan guratan-guratan pada tubuh, minyak jarak juga berfungsi untuk membuat rambut lebih bercahaya. Minyak jarak akan bekerja secara maksimal sebagai bahan alami untuk menghilangkan stretch marks jika dipadukan dengan kantung air panas.

Oles minyak jarak pada bagian tubuh yang mengalami stretch mark, pijat perlahan selama 15 menit kemudian kompres dengan kantung air panas. Lakukan setiap sebelum tidur. Proses tersebut juga dapat membantu mengatasi insomnia.

2. Lidah buaya

Oleskan lidah buaya pada area stretch mark, diamkan beberapa saat hingga mengering, bilas dengan air hangat hingga tidak terasa lengket. Lakukan sebelum mandi pagi dan sore hari secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Vitamin E

Vitamin E sangat baik untuk kulit, khususnya untuk mengurangi warna stretch mark. Anda cukup beli beberapa kapsul vitamin E, mengambil serumnya, dan memakainya pada guratan itu. Jika serum terasa terlalu tebal, tambahkan jeruk. Kombinasi vitamin E dan jeruk adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah guratan. Lakukan ini dua kali sehari dan guratan itu akan berkurang secara signifikan dalam sepekan.

4. Jeruk

Jeruk sangat kaya dengan vitamin C dan juga bersifat asam di alam. Ini membuat jeruk sebagai obat terbaik untuk menghilangkan guratan. Caranya juga mudah. Ambil sepotong jeruk dan usapkan langsung ke guratan, lalu biarkan kering sekitar 15 menit, kemudian bersihkan. Lakukan ini beberapa kali sehari.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat Anda gunakan untuk menghilangkan guratan-guratan pada tubuh (stretch mark) dengan cara menggunakannya sebagai minyak pijat. Lakukan pijatan ringan dengan minyak kelapa sebanyak dua kali sehari, pagi dan malam hari.

6. Gula

Gula kristal adalah barang lain yang dapat dipakai. Ambil sesendok gula dan tambahkan jeruk dan almond atau minyak zaitun. Usapkan pada guratan dan pijat dengan lembut selama 10 menit. Lakukan ini dalam sebulan akan memberi hasil yang bagus.

7. Lemak kakao

Cocoa butter atau lemak kakao merupakan bahan yang dihasilkan oleh pohon kakao, berasal dari hutan tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Agar lebih maksimal, campurkan lemak kakao dengan minyak vitamin E. Oleskan campuran keduanya dua kali sehari. Campuran lemak kakao dan minyak vitamin E juga ampuh untuk mengusir tanda-tanda penuaan, seperti kerutan pada wajah, selain stretch mark.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."