Minum Teh Hitam Tingkatkan Kesehatan Usus dan 7 Khasiat Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Teh hitam. sxc.hu

Teh hitam. sxc.hu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu minuman favorit orang Indonesia adalah teh. Jenisnya pun beragam mulai dari teh oolong, teh melati, teh hijau hingga teh hitam. Jenis teh terakhir ini sedang menanjak popularitasnya. Selain memiliki rasa yang nikmat dan wangi yang harum, teh hitam juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Dalam membuat teh hitam diperlukan daun teh yang layu dan teroksidasi penuh. Oksidasi terjadi ketika daun terpapar udara untuk waktu yang lama. Enzim pun akan memecah bahan kimia di daun hingga menghasilkan warna cokelat kehitaman dan memiliki harum yang khas.

Teh hitam memiliki rasa yang lebih kuat, dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lain. Namun, teh ini memiliki lebih sedikit kafein daripada kopi. Teh hitam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan.

Beberapa manfaat teh hitam untuk kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan tubuh
Salah satu kelompok antioksidan yang ditemukan dalam teh hitam adalah polifenol yang terdiri dari katekin, theaflavin, dan thearubigin yang merupakan sumber antioksidan utama dalam teh hitam. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sebuah studi pada tikus meneliti peran theaflavin dalam teh hitam yang mampu mengurangi kolesterol dan gula darah.

2. Mendongkrak fokus
Teh hitam mengandung kafein dan asam amino (L-theanine) yang dapat meningkatkan fokus dan waspada. L-theanine dapat meningkatkan aktivitas alfa di otak yang menghasilkan relaksasi dan fokus yang lebih baik. Teh hitam menjadi pilihan yang baik dalam meningkatkan fokus dan energi.

3. Meningkatkan kesehatan usus
Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu menjaga usus yang sehat, mendorong pertumbuhan bakteri baik, dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Selain itu, teh hitam juga mengandung sifat antimikroba yang mampu membunuh zat berbahaya, dan meningkatkan kekebalan dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan temuan tersebut.

4. Menjaga kesehatan jantung
Teh hitam
mengandung kelompok antioksidan lain, yaitu flavonoid. Kandungan ini bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam selama 12 minggu dapat menurunkan trigliserida, kadar gula darah, dan menurunkan rasio plasma LDL/HDL sehingga terhindar dari penyakit jantung. Studi lain juga menunjukkan bahwa minum tiga cangkir teh hitam per hari memilki risiko 11 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. 

5. Mengurangi tekanan darah
Sebuah penelitan melibatkan peserta untuk mengonsumsi tiga cangkir teh hitam setiap hari selama 6 bulan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa para peserta yang minum teh hitam mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, untuk mendapat manfaat ini diperlukan penyesuaian gaya hidup yang sehat.

6. Menurunkan 'kolesterol jahat' LDL
Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Sebuah studi menunjukkan, minum lima cangkir teh hitam per hari membantu mengurangi 11 persen kolesterol LDL. Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa teh hitam membantu memperbaiki kadar kolesterol pada individu yang berisiko terkena penyakit jantung atau obesitas. 

7. Mengurangi risiko stroke
Sebuah penelitian menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko stroke. Orang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih teh hitam per hari memiliki risiko stroke 32 persen lebih rendah daripada orang yang tidak minum teh hitam. Oleh sebab itu, jika keluarga Anda memiliki riwayat stroke maka sebaiknya konsumsilah teh hitam untuk mengurangi risiko.

8. Menangkal risiko kanker
Polifenol yang terdapat pada teh hitam dapat membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hitam dan teh hijau berperan dalam mengatur pertumbuhan sel kanker dan mengurangi perkembangan sel yang baru. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat hubungan teh hitam dan kanker secara lebih lanjut.

Sebagian besar manfaat teh hitam ini memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut karena mungkin tidak semua orang dapat merasakannya. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengonsumsi teh hitam yang nikmat ini.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."