Jambu Biji Bukan Cuma Atasi Demam Berdarah, Cek 12 Khasiat Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah jambu. TEMPO/Charisma Adristy

Ilustrasi buah jambu. TEMPO/Charisma Adristy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu khasiat jambu biji yang sudah terbukti di masyarakat adalah mengatasi demam berdarah. Jadi, ketika ada kerabat atau keluarga yang dirawat karena demam berdarah, buah ini jadi salah satu bawaan ketika menjenguk.

Tapi ternyata, jambu biji juga punya banyak manfaat lain untuk kesehatan, selain obati demam berdarah. Manfaat itu bukan hanya berasal dari buahnya, tapi juga daunnya. 

Simak 13 manfaat buah dan jambu biji yang harus Anda ketahui.

1. Mendukung penurunan berat badan

Semua orang pastinya ingin meraih berat badan yang ideal. Mengonsumsi jambu biji dapat membantu perjalanan Anda dalam mencapai body goals yang diinginkan. Manfaat jambu biji dalam menurunkan berat badan terletak pada kalorinya yang rendah.

Tidak hanya berkalori rendah, jambu biji juga berserat tinggi dan membuat cepat kenyang. Anda dapat mengonsumsi buah jambu biji sebagai camilan Anda.

2. Meringankan nyeri saat menstruasi

Nyeri menstruasi pada wanita kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi ekstrak daun jambu biji ditemukan mampu meringankan nyeri menstruasi

Manfaat jambu biji dalam menanggulangi nyeri haid ditemukan dalam studi yang mendapati bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji sebanyak enam miligram per harinya mampu menurunkan rasa sakit akibat menstruasi melebihi obat antinyeri.

3. Mengatasi diare

Manfaat jambu biji yang lain adalah mengatasi diare. Namun, manfaat jambu biji dalam mengobati diare terletak pada bagian daunnya. Ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi dari diare serta mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab diare.

4. Berpotensi mengobati kanker

Khasiat jambu biji yang cukup mencengangkan adalah potensinya menjadi obat antikanker. Manfaat jambu biji ditemukan pada bagian daunnya yang dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker usus besar.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menelusuri manfaat jambu biji sebagai obat antikanker.

5. Menurunkan tekanan darah

Kandungan antioksidan dalam jambu biji diyakini mampu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

Serupa dengan manfaat jambu biji sebagai obat antikanker, manfaat jambu biji dalam menanggulangi hipertensi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin C merupakan salah satu senyawa yang cukup berperan dalam mempertahankan sistem imunitas tubuh. Jambu biji bukan hanya bisa dijadikan sumber serat, tetapi juga sumber vitamin C.

Selain itu, manfaat jambu biji dalam menjaga daya tahan tubuh tidak hanya berasal dari kandungan vitamin C yang dimiliki, tetapi juga dari kandungan antimikroba yang mampu melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

Ilustrasi buah jambu. TEMPO/Charisma Adristy

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Jambu biji bukan buah biasa karena buah yang satu ini mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan melindungi dari radikal bebas dan menurunkan kolesterol.

Studi menemukan bahwa terdapat penurunan kolesterol pada tikus yang diberikan jambu biji merah.

8. Menanggulangi demam berdarah

Kebaikan jambu biji dalam menanggulangi demam berdarah terletak pada kandungan tanin, flavanoid, dan vitamin C yang membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh, menaikkan daya tahan tubuh, dan menghambat penyebaran virus demam berdarah dalam tubuh.

9. Menjaga kesehatan kulit

Ingin terlihat menawan dan awet muda? Anda dapat mempertimbangkan mengonsumsi jambu biji. Manfaat jambu biji adalah melindungi kulit melalui vitamin dan antioksidan yang dapat memperlambat penuaan dan mencegah keriput.

Selain itu, Anda juga bisa mengobati jerawat menggunakan daun jambu biji yang memiliki senyawa antiradang dan antimikroba. Namun, studi tambahan masih dibutuhkan untuk melihat lebih jauh manfaat jambu biji terhadap kulit.

10. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat jambu biji dalam menurunkan kadar gula darah terletak pada daunnya. Daun jambu biji ditemukan dapat menjaga gula darah dan dinilai efektif untuk pengobatan diabetes tipe 2 pada tikus.

Daun jambu biji yang dijadikan teh ternyata juga efektif dalam menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

11. Tinggi akan serat

Bingung makanan apa yang berserat tinggi? Jambu biji adalah salah satu solusinya! Buah jambu biji memiliki kandungan serat yang tinggi yang mampu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

12. Meringankan gejala osteoarthritis

Gejala osteoarthritis dapat diringankan dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji. Pada sebuah penelitian, manfaat jambu biji dalam mengatasi gejala osteoarthritis ditemukan dapat melindungi jaringan tulang rawan pada tikus yang menderita osteoartritis.

Namun, riset terhadap manfaat jambu biji terhadap osteoarthritis pada manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

13. Mengobati flu

Flu adalah salah satu ‘penyakit langganan’ yang sering menjangkiti masyarakat. Jambu biji dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi flu. Penelitian menunjukkan bahwa teh jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus flu.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat manfaat jambu biji untuk mengobati flu.

Jambu biji secara umum aman untuk dikonsumsi, tetapi jika Anda tertarik untuk memanfaatkan jambu biji sebagai pengobatan alternatif, Anda perlu berkonsultasi ke dokter.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."