Ketahui Dimpleplasty, Operasi Membentuk Lesung Pipi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berlesung pipi. Unsplash/Lesly Juarez

Ilustrasi wanita berlesung pipi. Unsplash/Lesly Juarez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang memiliki lekukan di pipi ketika tersenyum. Umumnya, lesung pipi terlihat di bagian bawah pipi. Lesung pipi ini dapat mempercantik penampilan seseorang.

Namun, tidak semua orang terlahir dengan sifat wajah ini. Pada beberapa orang, lesung pipi secara alami terjadi dari lekukan pada dermis yang disebabkan oleh otot-otot wajah yang lebih dalam. Lainnya mungkin disebabkan oleh cedera.

Terlepas dari penyebabnya, lesung pipi dianggap oleh beberapa budaya sebagai tanda keindahan dan keberuntungan. Karena manfaat yang dirasakan seperti itu, jumlah operasi lesung pipi telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Melansir laman Healthline, jika ingin melakukan dimpleplasty, sebaiknya cari ahli bedah yang berpengalaman. Beberapa dokter kulit memiliki keahlian untuk jenis operasi ini, tetapi Anda mungkin perlu menemui ahli bedah plastik wajah.

Setelah Anda menemukan seorang ahli bedah terkemuka, buatlah perjanjian awal dengan mereka. Di sini, Anda dapat membahas risiko versus manfaat operasi lesung pipi. Mereka juga dapat menentukan apakah Anda kandidat yang baik untuk operasi plastik. Akhirnya, Anda akan mencari tahu di mana lesung pipi harus ditempatkan.

Biaya dimpleplasty bervariasi. Rata-rata orang menghabiskan sekitar US$ 1.500 atau sekitar Rp 21 juta untuk prosedur ini. Jika terjadi komplikasi, mungkin biaya keseluruhan akan meningkat.

Langkah-langkah pembedahan

Dimpleplasty dilakukan secara rawat jalan. Ini berarti Anda bisa menyelesaikan prosedur di kantor dokter bedah tanpa harus pergi ke rumah sakit. Anda mungkin juga tidak perlu dibius total.

Pertama, dokter Anda akan memberikan anestesi topikal, seperti lidocaine, ke area kulit. Ini membantu memastikan Anda tidak mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan selama operasi. Diperlukan waktu sekitar 10 menit agar obat bius bekerja.

Dokter Anda kemudian menggunakan alat biopsi kecil untuk membuat lubang di kulit Anda untuk membuat lesung pipi secara manual. Sejumlah kecil otot dan lemak dihilangkan untuk membantu penciptaan ini. Panjangnya sekitar dua hingga tiga milimeter.

Setelah dokter Anda membuat ruang untuk lesung pipi, mereka kemudian menempatkan jahitan dari satu sisi otot pipi ke sisi yang lain. Gendongan ini kemudian diikat untuk mengatur lesung pipi secara permanen di tempatnya.

Pemulihan dari dimpleplasty relatif mudah. Anda tidak perlu tinggal di rumah sakit. Bahkan, Anda biasanya bisa langsung pulang setelah operasi. Segera setelah prosedur, Anda mungkin mengalami pembengkakan ringan. Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan, tetapi biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Sebagian besar orang dapat kembali bekerja, sekolah, dan kegiatan rutin lainnya dua hari setelah mengalami dimpleplasty. Anda bisa berkonsultasi lagi beberapa minggu setelah prosedur untuk menilai hasilnya.

Komplikasi dari dimpleplasty yang dilakukan para ahli relatif jarang terjadi. Namun, ada beberapa kemungkinan komplikasi seperti pendarahan di lokasi operasi, kerusakan saraf wajah, kemerahan dan bengkak, infeksi, atau jaringan parut.

Jika Anda mengalami pendarahan yang berlebihan atau keluar cairan di tempat prosedur, segera temui dokter. Anda dapat mengalami infeksi. Semakin dini infeksi diobati, semakin kecil kemungkinannya akan menyebar ke aliran darah dan menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Bekas luka jarang terjadi, tapi tentu ada efek samping dari dimpleplasty yang tidak diinginkan. Ada juga kemungkinan Anda tidak akan menyukai hasil setelah selesai. Namun, sulit untuk membalikkan efek dari jenis operasi ini.

Seperti jenis operasi plastik lainnya, dimpleplasty dapat membawa risiko jangka pendek dan jangka panjang. Namun secara keseluruhan, risikonya jarang. Kebanyakan orang yang menjalani operasi memiliki pengalaman positif, menurut Jurnal India Sumber Bedah Plastik.

Sebelum memilih jenis operasi ini, Anda harus menerima bahwa hasilnya permanen, apakah Anda suka hasilnya atau tidak. Operasi yang tampaknya sederhana ini masih membutuhkan banyak pertimbangan sebelum Anda memilih untuk melakukannya.

YUNIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."