7 Ide Menata Interior Kamar Bayi yang Lucu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
 Ilustrasi kamar bayi. Unsplash.com/Sidekix Media

Ilustrasi kamar bayi. Unsplash.com/Sidekix Media

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Calon ayah dan ibu akan menjalani sejumlah persiapan untuk menyambut kelahiran bayi. Mulai dari peralatan, pakaian hingga kamar bayi. Berbagai pernak pernik tersedia di toko furnitur dan dekorasi untuk keperluan menghias kamar bayi.

Namun sayangnya, banyak calon orang tua yang terpaku pada warna dan gaya dekorasi tertentu sesuai dengan jenis kelamin bayi. Padahal, kreativitas yang bebas justru menghasilkan kamar bayi yang nyaman dan menyenangkan.

Berikut ini sejumlah inspirasi dekorasi kamar bayi yang lucu dan menggemaskan.

1. Mainan Sekaligus Dekorasi Kamar Bayi

Saat mendekorasi kamar untuk bayi, pertama-tama utamakan kebutuhan anak. Dalam perkembangannya, bayi membutuhkan stimulasi. Seperti menggunakan mainan yang digantung di atas tempat tidurnya. Mainan ini berfungsi merangsang bayi untuk mengenal aneka bentuk, warna, dan gambar.

Ketika ia berusaha menggapainya, stimulasi terhadap kemampuan motorik halusnya sedang berlangsung. Karena itu, pilih bentuk dan warna mainan gantung yang menarik. Dengan memilih bentuk dan warna yang tepat, mainan bayi yang digantung juga berfungsi sebagai dekorasi kamar.

2. Dekorasi dengan Pelengkapan Bayi

Tak harus membeli dekorasi khusus untuk kamar bayi, sesungguhnya aneka barang perlengkapan bayi juga bisa menjadi dekorasi kamar. Tentu saja dengan pemilihan model tempat penyimpanan yang tepat. Misalnya saja, model rak-rak penyimpanan terbuka atau model rak tangga. Dengan memilih model penyimpanan terbuka seperti ini, aneka benda yang diletakkan akan tampil seperti pajangan sehingga bisa menjadi bagian dari dekorasi.

3. Dekorasi di Dinding

Jangan biarkan dinding kamar bayi kosong. Tambahkan dekorasi berupa foto-foto keluarga, poster aneka binatang, atau dengan menempelkan wall sticker. Jika bisa membuat mural sendiri, tentu kamar bayi Anda akan menjadi lebih  istimewa.

Namun bila tidak, wall sticker bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak perlu terlalu berfokus pada jenis kelamin bayi, pilih wall sticker dengan warna yang kuat dan bentuk yang menarik untuk menciptakan suasana kamar yang segar.

4. Warna-warna Tajam untuk Dekorasi Kamar Bayi

Sejak dini, penglihatan anak perlu diberi stimulasi. Caranya adalah dengan menampilkan warna yang tajam di sekeliling bayi. Oleh karena itulah, sebaiknya pilih warna-warna yang kuat untuk kamar bayi. Padukan pula warna solid di dinding dengan wallpaper yang menampilkan aneka warna dan motif. Misalnya saja wallpaper bermotif bunga yang kaya warna.

5. Sofa untuk Ayah dan Ibu

Kamar bayi bukan semata-mata menjadi tempat untuk berinteraksi antara ibu dan bayi saja. Ayah pun perlu diberi ruang untuk kehadirannya. Alih-alih menempatkan sofa single di kamar bayi, pilih sofa yang cukup untuk ayah dan ibu.

Sofa dengan dua atau tiga dudukan bisa ditempatkan di salah satu sisi kamar. Tambahkan pula beberapa bantal sofa untuk mempercantik tampilannya. Dengan cara ini, kamar bayi juga akan berfungsi sebagai ruang tempat keluarga berkumpul.

6. Furnitur Evergreen

Aneka furnitur dengan nuansa anak-anak memang sangat menggiurkan untuk dibeli. Namun, jika ingin berhemat, sebaiknya pilih model-model furnitur evergreenstylish, dan multifungsi. Desain furnitur ini bersifat abadi atau tetap layak ditempatkan di kamar anak meski nantinya mereka telah beranjak dewasa. Bahkan, sewaktu-waktu furnitur tersebut juga bisa dipindahkan dan digunakan di kamar lain.

7. Perpustakaan di Kamar Bayi

Membuat perpustakan mini dan menciptakan ruang baca mungil bisa menjadi cara mendekorasi kamar bayi yang kreatif. Tak hanya menempatkan buku-buku di ruang keluarga atau ruang kerja, pilihlah beberapa buku yang sesuai untuk ditempatkan di kamar bayi. Misalnya saja, buku cerita bergambar dan buku-buku mengenai tumbuh kembang anak.

Gunakan salah satu sudut di kamar bayi untuk menempatkan koleksi buku anak. Manfaatkan rak buku model terbuka atau rak dinding agar buku-buku tersebut tertata rapi dan menjadi bagian dari dekorasi kamar bayi.

Anda bebas berkreasi untuk mendekorasi kamar bayi. Tetapi yang terpenting, hindari dekorasi kamar yang meriah, namun justru kebutuhan anak terabaikan. 

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."