Bangun Pagi Bisa Meningkatkan Kesehatan Kulit dan 6 Manfaat Lain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita ngulet di tempat tidur atau bangun tidur.  shutterstock.com

Ilustrasi wanita ngulet di tempat tidur atau bangun tidur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bangun pagi menjadi tantangan tersendiri untuk sejumlah orang. Rasanya tidak rela meninggalkan kenyamanan dan empuknya bantal di tempat tidur. Jadi jangan heran kalau ada yang bilang bangun pagi-pagi bisa sama sulitnya dengan mengajarkan anak-anak tabel perkalian.

Banyak penelitian yang menghubungkan antara produktivitas dan pola tidur. Tentu saja, bangun lebih awal menambah satu jam lebih untuk jadwal harian Anda padat. Selain itu, bangun lebih awal bermanfaat banyak untuk kesehatan Anda.  

Melansir laman Boldsky, berikut ini sejumlah manfaat bangun pagi.

1. Meningkatkan konsentrasi

Bangun pagi membantu meningkatkan tingkat konsentrasi Anda. Karena tidak ada gangguan dari orang-orang yang masih tidur, otak Anda dapat berkonsentrasi lebih baik dan menyelesaikan sesuatu dengan lebih efisien. Studi terbaru mengklaim bahwa bangun pagi membuat Anda cenderung berkinerja baik secara akademis daripada tengah malam.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Bangun pagi dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit Anda. Dengan memasukkan kebiasaan-kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari Anda, kesehatan kulit Anda secara alami ditingkatkan dengan hidrasi, oksigenasi, dan peningkatan aliran darah.

3. Mendongkrak produktivitas

Pagi hari adalah waktu paling produktif dalam sehari. Bangun pagi membantu Anda lebih fokus pada tugas-tugas penting tanpa gangguan. Bersamaan dengan itu, otak seseorang berada pada level paling optimal di pagi hari dan pada gilirannya berkontribusi terhadap pengambilan keputusan yang lebih baik. Demikian juga, bangun pagi saat paling baik membuat perencanaan yang lebih baik menurut penelitian.

4. Menambah kualitas tidur

Punya rutinitas bangun pagi akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Karena tubuh Anda terbiasa dengan rutinitas, menjadi lebih mudah untuk tertidur dan bangun lebih awal. Rutinitas ini bermanfaat sirkadian tubuh dan membantu Anda membangun perasaan cukup istirahat. 

5. Jaga pola makan sehat

Sarapan adalah salah satu makanan terpenting dalam sehari yang meningkatkan produktivitas Anda. Ketika bangun pagi, tubuh Anda secara alami terbiasa memakan makanan di pagi hari. Melewatkan sarapan menyebabkan kebiasaan makan yang buruk dan meningkatkan kecenderungan Anda untuk makan junk food.

6. Bisa berolahraga

Salah satu alasan paling umum orang-orang malas olahraga setiap hari adalah karena mereka bangun terlambat. Bangun pagi memungkinkan Anda berolahraga beberapa saat. Meskipun dimungkinkan dilakukan malam hari, olahraga pagi akan membuat Anda berenergi sepanjang hari.

7. Lebih tenang

Mereka yang menyukai kesunyian pagi hari, bahkan dapat bermeditasi. Pikiran yang damai dapat memberikan kekuatan untuk mencapai lebih banyak. Keheningan dan kedamaian yang didapat seseorang selama berjam-jam dalam satu hari tidak hanya menenangkan pikiran, tetapi juga tubuh Anda.

Jadi, jangan malas. Atur alarm untuk membantu Anda menuju kebiasaan bangun pagi dan waktu tidur yang lebih baik.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."