Saat Kurang Tidur Pantang Berolahraga dan Memimpin Rapat

Reporter: Tempo.co
Editor: Silvy Riana Putri
Kamis, 12 September 2019 09:00 WIB
Saat Kurang Tidur Pantang Berolahraga dan Memimpin Rapat

CANTIKA.COM, Jakarta - Durasi waktu tidur yang disarankan oleh para ahli adalah 7-8 jam sehari. Namun, karena berbagai aktivitas, seperti anak sekolah yang harus belajar untuk ujian hingga orang dewasa menyelesaikan banyak tugas pekerjaan, waktu istirahat yang ideal pun kerap tidak terpenuhi. Terlebih lagi, saat pagi hari tetap harus menjalankan rutinitas.

Bila Anda mengalami kurang tidur, sebaiknya jangan paksakan tubuh untuk melakukan semua rutinitas saat waktu tidur tercukupi. Sebab kondisi kurang tidur dapat mempengaruhi fokus dan konsentrasi dalam beraktivitas.

Melansir laman WebMD dan Healthline berikut empat aktivitas membahayakan dan harus dihindari saat kurang tidur.

1. Jangan berolahraga

Kurang tidur sering menjadi alasan untuk melewatkan aktivitas fisik. Sebaiknya, hal ini tak diulangi lagi. Olahraga justru ampuh untuk menyegarkan dan menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Menurut berbagai penelitian, olahraga akan memicu pelepasan hormon kortisol dan endorfin, yang berarti akan membuat terus terjaga dan bahagia.

2. Memimpin rapat

Saat akan menghadapi rapat besar, sebaiknya cukup beristirahat karena jika tetap memaksa untuk datang dan memimpin rapat, ini justru berdampak buruk bagi citra Anda dan perusahaan. Menurut sebuah studi, kemampuan kerja otak orang yang kurang istirahat akan menurun. Mereka juga akan berpikir secara umum dan kurang mendasar sehingga, akan lebih baik jika posisi Anda digantikan oleh orang lain.

3. Minum alkohol

Di pagi hari usai kurang istirahat, banyak pekerja pria yang ingin mengembalikan semangat dan energinya melalui minuman keras. Sayangnya, hal ini tidak direkomendasikan dan terbilang salah kaprah karena menurut berbagai penelitian, alkohol hanya akan memberikan efek terjaga secara sementara. Dan beberapa jam setelahnya, ia akan kembali mengantuk. Lebih dari itu, risiko penyakit jantung juga mungkin dirasakan karena alkohol diminum saat kondisi tubuh sedang tidak prima.

4. Mematikan alarm dan lanjut tidur
Saat kurang tidur Sabtu malam, sangat mungkin di Minggu paginya Anda akan mematikan alarm dan melanjutkan waktu istirahat. Ternyata, ini salah untuk dilakukan karena secara tidak langsung akan mengganggu jam internal dan kerja organ tubuh. Dampaknya, berbagai masalah kesehatan pun bisa didapatkan.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA