Muncul Bau Kaki, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi Kaki indah. moulsinc.com

Ilustrasi Kaki indah. moulsinc.com

IKLAN

CANTIK.COM, Jakarta - Sebagian dari kita tentu pernah mengalami momen yang terduga, saat Anda mengambil sepasang sepatu atau melepasnya. Kadang muncul bau tak sedap yang berasal dari kaki atau sepatu.

Baca juga: Tips agar Kaki Lembut dan Mulus

Ahli penyaki kaki dan pendiri Gotham Footcare, Dr. Miguel Cunha, menyarankan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan bau kaki. "Bau kaki terutama disebabkan oleh kurangnya ventilasi di sepatu Anda karena keringat tidak ada tempat untuk menguap," kata Dr. Cunha seperti dilansir dari laman Purewow.

Ilustrasi perawatan kuku kaki. Justin Sullivan/Getty Images

Meskipun keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau, bau itu berasal dari bakteri kulit normal yang menghancurkan keringat di kaki kita dan menghasilkan asam isovaleric, yang menyebabkan bau. Untuk mencegahnya, Dr. Cunha merekomendasikan untuk mencuci kaki Anda dengan sabun antibakteri sekali sehari dan pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh sesudahnya terutama di antara jari-jari kaki.

Artikel lain: Kaki Berbau Akibat Perjalanan Mudik, Atasi dengan Cara Berikut

Langkah mudah mencegah bau kaki adalah, ganti sepatu Anda setiap hari sehingga ada jeda waktu bagian dalam sepatu mendapatkan udara. Semprotkan antiperspirant ke kaki Anda di awal hari, jaga agar kuku kaki rtap terpotong dan bersih dan secara teratur lepaskan kulit kapalan.  Juga, hindari mengenakan sepatu yang terbuat dari plastik. Kulit atau kanvas lebih baik untuk ventilasi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."