Daftar Kesalahan yang Kerap Dilakukan Orang Tua Baru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi ibu dan bayi. Unsplash.com/Sharon Muccutcheon

Ilustrasi ibu dan bayi. Unsplash.com/Sharon Muccutcheon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai orang tua baru Anda tentu merasa bahagia menyambut buah hati. Anda dan pasangan tentu akan menghadapi beragam perubahan dari sisi psikis maupun fisik. 

Namun para orang tua baru biasanya rentan merasa kaget, lelah, atau stres saat menghadapi berbagai perubahan yang terjadi pasca bayi lahir. Oleh sebab itu, tak heran jika sebagian besar orang tua baru membuat kesalahan dalam mengurus bayi.

Berikut kesalahan yang sering dilakukan para orang tua baru

1. Panik

Orang tua baru biasanya panik terhadap apa pun yang terjadi pada bayi. Rasa panik yang berlebihan akan membuat Anda tidak menikmati peran sebagai orangtua baru. Jika Anda melihat hal yang tak biasa terjadi pada bayi Anda, akan lebih baik jika Anda bertanya pada dokter.

2. Membiarkan bayi menangis.
Bayi menangis tidak selalu menjadi tanda dari hal yang mengkhawatirkan karena bisa merupakan bentuk komunikasi bayi pada Anda. Namun, jika bayi menangis disertai dengan gejala lain, lebih baik Anda segera hubungi dokter.

3. Mengabaikan pasangan.
Meski Anda fokus mengurus bayi baru lahir, namun Anda tidak boleh mengabaikan pasangan karena bisa membuat hubungan menjadi tidak harmonis. Sebisa mungkin selalu libatkan pasangan dalam mengurus anak karena kerjasama sangatlah dibutuhkan agar keharmonisan tetap terjaga.

4. Sering bertengkar di depan bayi.
Meski tak bisa apa-apa, namun bayi mampu merasakannya. Jangan bertengkar di depan bayi karena bisa membuat suasana hatinya tidak nyaman.

5. Mempercayai sumber yang tidak kredibel mengenai cara mengasuh bayi.
Banyak orangtua baru mendapat informasi yang keliru mengenai pengasuhan bayi dari sumber-sumber yang tidak terpercaya. Oleh sebab itu, selalu pastikan bahwa Anda mendapat informasi yang benar dari sumber terpercaya.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."