7 Tips Mencegah Kaki Bengkak saat Hamil, Termasuk Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kaki bengkak saat hamil. shutterstock.com

Ilustrasi kaki bengkak saat hamil. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Mayoritas calon ibu merasakan sejumlah perubahan di masa kehamilan. Selain berat badan yang bertambah, moody hingga mual, kondisi kaki bengkak termasuk kondisi yang sering dialami ibu hamil. Penyebabnya pun beragam mulai dari peningkatan jumlah cairan di dalam tubuh hingga peningkatan sirkulasi darah ke rahim untuk mendukung tumbuh kembang janin. 

Untuk mengurangi frekuensi terjadinya kaki bengkak saat hamil, ibu perlu memperhatikan di luar faktor kehamilan yang bisa memicu kaki bengkak. Sejumlah cara untuk menghindari kaki bengkak ini tidak akan menambah tugas ibu karena beberapa berasal dari aktivitas harian.

Melansir dari laman What to Expect, berikut sejumlah tips untuk mencegah kaki bengkak saat hamil.

1. Hindari berdiri atau duduk dalam waktu lama

Jika Anda sering berdiri, istirahatlah, dan duduklah. Jika Anda sering duduk, berjalan-jalanlah 5 menit setidaknya sekali dalam satu jam.

2. Tidur miring

Jika Anda belum melakukannya, cobalah tidur menyamping (lebih baik ke sisi kiri). Tidur miring membantu ginjal Anda tetap bekerja dengan baik, sehingga membantu menghilangkan limbah dan mengurangi pembengkakan.

3. Gerakkan kaki

Jika memungkinkan, angkat kaki Anda saat duduk. Sebagai wanita hamil, Anda punya alasan terbaik untuk rajin-rajin berdiri data duduk, termasuk ketika berada di pesawat.

3. Rajin olahraga

Lakukan olahraga yang sesuai dengan kehamilan, seperti berjalan (yang membuat darah mengalir dan bukannya menggenang). Atau jika dokter Anda memperbolehkan, cobalah berenang. Tekanan air mendorong cairan dari jaringan Anda kembali ke pembuluh darah, lalu mengalir ke ginjal dan keluar menjadi urin.

4. Hindari pemakaian kaus kaki atau stoking ketat

Tujuannya adalah membiarkan darah dan cairan mengalir sebebas mungkin. Kaus kaki yang meninggalkan bekas lekukan di sekitar kaki Anda kemungkinan terlalu ketat.

5. Pakailah sepatu yang nyaman

Terutama saat Anda melakukan perjalanan, gunakan sepatu atau sandal yang nyaman, misalnya sepatu atau sandal orthotic yang dapat membuat kaki Anda terasa lebih baik. Selain itu, sepatu atau sandal jenis ini bisa mengurangi nyeri kaki dan punggung selama kehamilan. Setelah Anda tiba di rumah, gantilah dengan sandal yang terbuat dari bahan lembut.

6. Minum banyak air

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk mencoba membilas cairan dengan cairan, tetapi minum 8 hingga 10 gelas air sehari akan membantu membersihkan sistem kelebihan natrium dan produk limbah lainnya sehingga mengurangi pembengkakan.

7. Jangan mengonsumsi garam berlebihan

Mengonsumsi garam terlalu banyak bisa menyebabkan kaki bengkak saat hamil. Jadi, yang terbaik adalah menjaga asupan Anda, termasuk mengonsumsi garam pada makanan secukupnya.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."