Kacang Almond dan 3 Bahan Alami Ini Berkhasiat Meredakan Vertigo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita pusing/darah rendah. Shutterstock

Ilustrasi wanita pusing/darah rendah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sakit kepala vertigo ditandai oleh sensasi tidak seimbang, atau sensasi berputar yang luar biasa. Kondisi ini dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh. Serangan vertigo dapat berlangsung beberapa detik hingga berjam-jam. Namun untuk beberapa kasus yang sudah parah, vertigo dapat berlangsung selama beberapa hari atau bulan.

Penyebab vertigo beragam mulai dari peradangan saraf vestibula, penyakit telinga bagian dalam, infeksi telinga bagian dalam yang disebabkan virus flu, migrain, hingga beberapa jenis obat yang memiliki efek samping.

Selain merasa miring, bergoyang, tidak seimbang, hingga pusing berputar, gejala vertigo juga diikuti dengan mual, muntah, berkeringat, telinga berdenging dan gerakan mata yang tidak normal.

Apabila Anda sering mengalami vertigo, selain pengobatan yang direkomendasikan sesuai tingkat vertigo Anda, konsumsi pula empat bahan alami ini. Kandungan di dalamnya bisa meredakan dan mempercepat kesembuhan vertigo.

Melansir laman Medical News Today dan Healthline, berikut empat bahan alami untuk redakan vertigo.

 
1. Kacang Almond
Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang ampuh menangkal vertigo sebab kandungan vitamin A, B, dan E yang mampu mengatasi penyebab penyakit tersebut. Meski demikian, konsumsinya wajib dibatasi, yakni seperempat gelas saja karena almond dikenal tinggi kalori.
 
2. Teh jahe
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science mengatakan bahwa teh jahe dapat mempercepat kesembuhan vertigo. Cukup rebus campuran teh dan potongan jahe selama lima menit, kemudian konsumsi dengan campuran madu sebagai penambah rasa dan langsung rasakan manfaatnya. 

3. Air putih
Air putih adalah kunci utama dari kesembuhan vertigo karena para ahli mengatakan bahwa salah satu penyebab vertigo adalah dehidrasi sehingga mereka pun menyarankan untuk cukup minum air, yakni delapan hingga 12 gelar per hari. Selain itu, hindari juga minuman dengan sifat diuretik seperti kopi karena akan membuat buang air lebih sering.

4. Cuka sari apel dan madu
Cuka sari apel dan madu diyakini memiliki sifat kuratif untuk meringankan aliran darah ke otak sehingga sangat disarankan buat yang mengalami vertigo. Cukup dua tetes madu dan satu tetes cuka sari apel dapat mencegah dan mengobati gejala penyakit ini.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."