Cegah Timbulnya Jerawat dengan Rambut Bersih dan 4 Hal Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berjerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Timbulnya jerawat menjadi masalah kulit wajah teratas yang dialami para perempuan. Kehadiran jerawat tidak hanya menganggu penampilan dan tingkat percaya diri, tetapi juga masalah kesehatan yang lebih besar bila tidak segera ditangani. Mengingat jerawat bisa menimbulkan jaringan parut permanen hingga Anda menua.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum. Dikutip dari laman Healthline, kondisi ini muncul ketika pori-pori kulit wajah tertutup minyak, kulit mati yang menumpuk, dan bakteri penyebab radang. Selain itu, ada faktor risiko lain seperti hormon, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan genetika. 

Pencegahan timbulnya jerawat bisa dilakukan dari kebiasaan sehari-hari. Kadang-kadang kita kerap abai dengan hal-hal kecil ini yang ternyata bisa menyebabkan jerawat di kulit mulus Anda.

Berikut ini kebiasaan sehari-hari yang bisa diterapkan untuk mencegah timbulnya jerawat seperti dilansir dari laman Health Line dan Times of India.

1. Memastikan rambut selalu bersih

Rambut juga menghasilkan minyak. Jadi, pastikan rambut Anda selalu bersih dengan mencucinya secara teratur. Jika Anda menggunakan produk rambut seperti gel dan spray, pastikan tidak menyentuh wajah Anda karena bisa menyebabkan jerawat.

2. Mencuci wajah dua kali sehari

Setidaknya, cucilah wajah dua kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang ringan dan air hangat. Hindari mencuci wajah berlebihan karena bisa membuat kulit kering dan membuat jerawat yang sudah ada menyebar lebih luas.

3. Gunakan tabir surya bebas minyak

Salah satu kunci perawatan kulit adalah melindunginya dari paparan sinar matahari. Jadi, selalu gunakan tabir surya. Pastikan Anda memilih tabir surya bebas minyak, sebab minyak yang berlebihan di kulit bisa menyebabkan jerawat.

4. Membersihkan semua benda yang menyentuh wajah

Ada beberapa benda yang selalu bersentuhan dengan wajah, misalnya bantal, kuas makeup, dan layar ponsel. Pastikan barang-barang itu selalu dalam kondisi bersih agar tidak menyebarkan bakteri ke kulit wajah.

5. Hindari scrub

Scrub memang baik untuk menghilangkan kulit mati yang bisa menumpuk dan menyebabkan jerawat. Tapi, jika kulit Anda sudah berjerawat, hindari scrub atau spons. Sebab, kedua benda itu akan memperparah kondisi kulit Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."