Cara Mencuci Sisir Rambut yang Benar Sesuai Bahannya

ragam

Cara Mencuci Sisir Rambut yang Benar Sesuai Bahannya

Rabu, 21 Agustus 2019 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Coba ingat kapan terakhir kali Anda membersihkan atau mencuci sisir rambut? Biasanya sisir rambut baru dibersihkan saat gumpalan rambut sudah menggunung. Itupun hanya membuang gumpalan rambut tanpa mencucinya. Padahal, kebersihan sisir rambut sama pentingnya dengan alat kecantikan lainya, contohnya kuas makeup.

“Seperti halnya Anda membersihkan kuas makeup atau alat perawatan kulit lainnya, Anda juga perlu membersihkan alat rambut — semua benda ini merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Zat dalam produk, kulit mati, debu, serat, dan banyak lagi dapat menumpuk di sisir Anda. Dan jika Anda tidak membersihkannya secara berkala, semua hal buruk itu kembali menempel ke rambut Anda," ucap penata rambut selebriti Kendall Dorsey.

“Kegiatan menyisir juga mendistribusikan kembali minyak dari kulit kepala sehingga membuat rambut Anda berkilau. Jika Anda tidak membersihkan sisir secara teratur atau benar, Anda mungkin mendistribusikan kembali sel-sel kulit mati ke rambut, alhasil rambut kotor lagi setelah keramas."

Menurut Dorsey, sebaiknya Anda mencuci sisir rambut satu hingga dua minggu sekali. Dorsey menjelaskan, "Jika Anda memiliki sisir plastik, cukup lepaskan rambut dari sisr dengan jari-jari Anda. Bila Anda menggunakan sisir bulu babi, bulunya yang alami cenderung dipadatkan menjadi satu. Karena itu, lebih mudah untuk menghilangkan gumpalan rambut dengan ujung kuas yang runcing."

Ilustrasi sisir rambut bulu babi. (HairDirect)

Untuk sisir bahan plastik: Tempatkan dalam mangkuk air dengan sampo bayi dan rendam selama beberapa menit. Bilas dengan air dan keringkan dengan menaruh di atas handuk.

Untuk sisir bahan bulu babi: Ambil semangkuk air dan tambahkan beberapa tetes sampo. Jangan rendam kuas, cukup bagian bulu sisir diputar-putar beberapa kali di dalam rendaman sampo. Kemudian, angkat, bilas sisa sampo, dan keluarkan kotoran yang terangkat. Ulangi kembali langkah yang sama. Setelah itu letakkan di atas handuk hingga mengering.