Tipe Emosi Anak Anda yang Mana, Anggrek, Tulip atau Dandelion?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu/perempuan dan anak-anak. REUTERS/Neil Hall

Ilustrasi ibu/perempuan dan anak-anak. REUTERS/Neil Hall

IKLAN

2. Anak tipe dandelion

Seperti namanya, anak yang dikategorikan sebagai anak tipe dandelion bisa tumbuh di mana saja. Secara psikologis, mereka cenderung tidak terpengaruh oleh kesulitan, tidak mudah cemas, dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. “Seperti dandelion yang tumbuh subur di hampir semua lingkungan, anak-anak ini sebagian besar tidak terganggu oleh stres dan trauma yang mereka hadapi,” jelas dr. Thomas Boyce.

Namun, anak dandelion bisa dibilang kurang peka terhadap perasaan orang-orang di sekitarnya. Dandelion lebih terbuka dan tidak mudah cemas. Tetapi pada saat yang sama, ia kurang responsif terhadap suasana hati, menurut jurnal Translational Psychiatry. Salah satu contohnya, para peneliti menemukan hampir sedikit anak tipe dandelion yang melakukan perlawanan saat ada perundungan di sekolah.

Tips menghadapi anak dandelion: Untuk menghadapi anak dandelion, orangtua perlu sadar bahwa anak mereka bukanlah orang yang sempurna dan tak terkalahkan. "Dandelion tampaknya kebal terhadap semua hal, kecuali ancaman dan penghinaan," ucap dr. Boyce.

Oleh karena itu, cobalah untuk menggali perasaan anak lebih dalam lagi, sehingga Anda tahu perasaan mereka yang sebenarnya. Dengan begitu, sebagai orangtua, Anda juga bisa memulai melatih rasa empatinya terhadap perasaan orang lain. "Mereka masih anak-anak yang selalu membutuhkan cinta dan dukungan Anda," pungkas dr. Boyce.

Ilustrasi Ayah dan Ibu bermain dengan anak. Shutterstock.com

3. Anak tipe tulip

Anak yang dikategorikan sebagai anak tipe tulip memiliki sifat yang berada di antara anak anggrek dan dandelion. "Anak-anak Tulip memiliki sifat anggrek yang banyak menuntut dan dandelion yang tangguh. Namun, mereka tak serapuh anggrek dan lebih sensitif daripada dandelion," papar Koehler.

Tips menghadapi anak tipe tulip: Jika Anda memiliki anak tipe tulip, cobalah kenali rutinitas kehidupannya. “Anak-anak anggrek nampak berkembang dengan baik pada saat makan malam di tempat, waktu, dan orang yang sama. Mereka terbiasa dengan jenis ritual keluarga dari minggu ke minggu, bulan ke bulan ," kata dr. Boyce kepada National Public Radio (NPR).

Lebih lanjut ia menjelaskan,"Karena anak tipe tulip memiliki banyak kesamaan dengan anggrek, hal tersebut juga berlaku untuknya. Ketika anak terbiasa dengan hal-hal harian yang menjadi rutinitas, mereka akan lebih mampu mengelola naik turunnya kehidupan yang tak terhindarkan."

GALUH PUTRI RIYANTO

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."