Tiru 5 Langkah Ini Agar Menu Camilan Anak Bervariasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak makan apel (pixabay.com)

Ilustrasi anak makan apel (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Camilan salah satu rangkaian dari rutinitas makan anak. Adakalanya para ibu memberi kelonggaran sesuai makanan favorit anak-anak agar mudah dihabiskan. Atau sebaliknya ada ibu yang kebingungan karena anaknya sering menolak camilan sehat dan kekinian yang disiapkannya. Oleh karena itu, para ibu diajak berkreasi dalam menyiasati menu, tampilan, hingga pengemasan camilan.

Bagi para ibu yang masih bingung menentukan kapan waktu camilan terbaik hingga apa saja yang harus dilakukan agar menu camilan tidak membosankan, simak tips seputar camilan anak ini.

Melansir laman Purewow, berikut lima langkah yang harus dilakukan untuk mengatur camilan anak.

1. Buat perencanaan bersamaan dengan makanan wajib

Saat Anda merencanakan menu sarapan, makan pagi, dan makan malam untuk anak, sertakan pula perencanaan hidangan camilan. Hal itu dilakukan agar anak mendapatkan gizi yang berkesinambungan antara makanan camilan dan makanan pokok.

Cobalah Anda meluangkan waktu di hari Minggu pagi untuk membuat perencanaan menu makanan beserta camilan selama satu minggu ke depan. Disarankan waktu akhir pekan agar Anda bisa mengecek stok kelengkapan bahan di dapur dan kulkas. Bila ada yang kurang, Anda bisa dengan mudah melengkapi di hari libur tersebut. Tak lupa, perhitungkan pula camilan anak saat di mobil.

2. Menciptakan waktu camilan

Mengingat padatnya aktivitas sekolah anak-anak saat ini, jangan Anda terbawa oleh arus kesibukan anak hingga melupakan waktu camilan mereka. Bila tak ada waktu yang panjang untuk menikmati camilan seperti biasanya dan hanya bisa di perjalanan dari sekolah menuju tempat les, Anda harus siap dengan rencana cadangan.

Siapkan granola atau apel yang sudah dipotong-potong. Perhatikan pula kebersihan tangan anak sebelum makan. Anda pastikan dia membersihkan tangannya sebelum dan sesudah makan.

3. Sesekali berikan menu bonus

Jangankan anak, kita saja orang dewasa kerap bosan bila menyantap makanan yang sama secara terus-menerus. Agar waktu camilan menjadi menyenangkan untuk anak, variasikan menu camilan dengan makanan favoritnya. Lagi-lagi, pertimbangkan pula cara penyajiannya sebab bisa saja anak menyantapnya di mobil. Pilihan menunya antara lain buah potong seperti nanas atau mangga, granola, hingga popcorn.

4. Kenali preferensi makanan anak

Mengikuti selera anak salah satu cara para ibu mengerucutkan ide-ide kreasi menu camilan. Hal ini bukan berarti memberikan kontrol penuh pada anak dalam menentukan menunya. Tetapi bisa meringankan pekerjaan para ibu.

Misalnya untuk anak pemilih makanan, daripada dia membuang atau menolak makanan yang disiapkan, lebih baik libatkan dia dalam proses persiapan menu camilannya. Ajak diskusi tentang makanan mulai dari rasa, jenis, hingga bentuk kemasannya.

5. Mencari inspirasi di media sosial

Tak bisa dipungkiri informasi apapun bisa ditemukan di media sosial, termasuk makanan anak. Misalnya, sempatkanlah untuk menilik informasi di Pinterest untuk menambah referensi cara pengemasan camilan yang memikat anak. Variasi visual ini bisa membantu camilan jadi makanan yang menarik di mata anak.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."