8 Manfaat Pacaran, Meredakan Nyeri Sampai Cegah Gangguan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan/berpacaran. Shutterstock.com

Ilustrasi pasangan/berpacaran. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ternyata pacaran mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, selain dari sisi psikologi. Belum banyak yang mengetahui hal tersebut. Jika menjalin hubungan secara sehat, pacaran bisa turut mengurangi risiko gangguan mental, mengurangi nyeri di tubuh sampai mempercapat penyembuhan suatu penyakit. 

Lain ceritanya, bila hubungan pacaran yang dijalani penuh dengan pertengkaran dan kendala komunikasi, justru kaan berdampak negatif pada kesehatan. Jadi, manfaat kesehatan pacaran ini bisa diraih tergantung dari cara Anda dan pasangan menjalin hubungan. 

Berikut ini sejumlah manfaat fisik dan mental dari pacaran asalkan hubungan itu terjalin sehat.

1. Belajar menghargai orang lain

Berada dalam suatu hubungan, berarti Anda harus belajar menghargai pasangan. Rasa saling menghargai inilah yang kemudian membuat suatu hubungan bisa berjalan dengan sehat.

2. Belajar berkomunikasi yang baik dengan orang lain

Komunikasi adalah hal dasar dari sebuah hubungan. Jika Anda berhasil menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, bukan tidak mungkin Anda juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Lebih mengerti batasan dengan orang lain

Menghargai kehidupan pribadi pasangan Anda, merupakan hal dasar yang harus dijalani untuk mendapatkan hubungan yang sehat. Anda tidak perlu mengetahui semua hal tentang pasangan Anda, begitu juga sebaliknya.

Langkah ini akan membuat Anda belajar untuk mengerti batasan-batasan pada kehidupan pribadi, dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengurangi risiko gangguan mental

Orang yang menjalani hubungan berkomitmen, dikatakan mengalami lebih sedikit masalah mental jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki pasangan. Dalam hal ini, masalah mental yang disebutkan meliputi depresi, gangguan mood, dan gangguan kecemasan 

5. Mengurangi stres

Menjalani hubungan dengan orang yang tepat juga disebut dapat membantu mengurangi stres. Manfaat pacaran yang satu ini bisa muncul karena saat seseorang mengalami stres, akan ada orang lain yang memberikan dukungan, sehingga ia dapat menghadapi tekanan dengan lebih baik.

6. Mengurangi rasa nyeri di tubuh

Perasaan cinta yang dirasakan pada pasangan, ternyata dapat membantu mengurangi rasa nyeri di tubuh. Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat hubungan antara pereda rasa nyeri, perasaan cinta, dan aktivasi reward system di otak.

Hasilnya, disebutkan bahwa melihat foto orang tercinta dapat meningkatkan aktivitas pemrosesan otak dan bisa membantu meredakan rasa nyeri yang dialami.

Penelitian ini juga menunjukan bahwa rasa nyeri dapat berkurang sebesar 44% apabila pemberian stimulasi nyeri dilakukan sambil memperlihatkan foto orang tercinta pada orang yang menjadi objek penelitian.

7. Membuat hidup menjadi lebih bahagia

Membuat hidup menjadi terasa lebih bahagia, bukanlah manfaat pacaran yang aneh. Secara ilmiah, perasaan bahagia pada orang yang memiliki hubungan yang sehat dengan pasangannya, muncul berkat rasa cinta yang bisa mengaktifkan bagian otak yang kaya akan senyawa dopamin.

Area tersebut adalah bagian otak yang berkaitan dengan reward atau perasaan mendapatkan penghargaan, keinginan, kecanduan, serta euforia.

8. Memperpanjang umur

Memiliki hubungan sosial yang sehat, dikatakan dapat memperpanjang umur seseorang. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kehidupan sosial yang sehat, efeknya bisa setara dengan menghisap 15 batang rokok dalam sehari.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."