Tanpa Pakai Aplikasi, 6 Kebiasaan Ini Pemicu Penuaan Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tren menggunakan aplikasi yang membuat wajah terlihat jauh lebih tua dan berkeriput atau FaceApp sedang digemari. Netizen membagikan foto mereka yang telah di-edit dengan aplikasi itu melalui media sosial. 

Tapi sebenarnya Anda tak perlu menggunakan aplikasi untuk membuat wajah lebih tua. Banyak kebiasaan kecil yang mungkin sering dilakukan sehari-hari, ternyata membuat kulit Anda, terutama wajah menjadi lebih cepat tua. Berikut ini beberapa kebiasaan kecil yang memicu penuaan dini pada wajah Anda.

#1. Sering menggosok mata
Mungkin Anda sering melakukan kebiasaan ini, secara tak disengaja. Sering menggosok mata dapat memicu lingkaran hitam di area tersebut, dan berpengaruh pada penampilan wajah Anda. Jika Anda tak bisa berhenti melakukan kebiasaan ini, cobalah untuk menjadwalkan pertemuan dengan dokter. Sebab, ada kemungkinan alergi di balik mata gatal, yang mengakibatkan Anda sering menggosok mata.

Bagi Anda yang sering menggunakan kontak lensa, dan mengoleskan kosmetik, lakukan dua hal tersebut dengan lembut. Dengan begitu, Anda dapat mencegah munculnya masalah pigmen di kulit, serta mencegah wajah menjadi lebih cepat tua.

#2. Mengerutkan bibir saat menggunakan sedotan
Mungkin hal ini belum pernah Anda dengar. Namun, terlalu sering mengerutkan bibir saat memakai sedotan, dapat memicu penuaan kulit menjadi lebih cepat. Kebiasaan tesebut dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus atau kerutan di area mulut, sebagai efek jangka panjangnya. Menghindari penggunaan sedotan menjadi cara terbaik, untuk menurunkan risiko kerutan tersebut. Sebisa mungkin, hindari pula mengerutkan mulut saat berciuman.

#3. Tidur menyamping
Anda mungkin baru bisa terlelap saat tidur dengan posisi menyamping. Namun Anda harus tahu, posisi ini memiliki dampak yang buruk bagi kulit wajah. Posisi tidur menyamping dapat menekan kulit, selama beberapa jam, saat Anda terlelap. Jika berlangsung selama bertahun-tahun, kebiasaan ini akan memicu kerutan dan mengakibatkan penuaan.

Walau setiap posisi tidur memiliki kelebihan dan kekurangan, tidur terlentang menjadi pilihan untuk menghindari penuaan kulit di wajah. Selain itu, tidur terlentang juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi tekanan karena sakit kepala, serta melaraskan tulang belakang.

#4. Tidak menggunakan tabir surya
Tabir surya atau sunscreen dapat membantu beberapa masalah kulit, seperti mencegah rasa terbakar pada kulit (sunburn), kanker kulit, serta tentu saja menangkal penuaan dini. Walau begitu, Anda harus jeli dalam membeli tabir surya, karena tak semuanya dapat melindungi kulit dari pernuaan.

Sunscreen yang ideal harus melindungi Anda dari UVA & UVB. Meski keduanya bisa sama-sama merusak kulit, UVA-lah yang menjadi penyebab kulit Anda menjadi cepat tua. Oleh karena itu, pilihlah tabir surya dengan label ‘broad spectrum’, yang berarti dapat menangkal UVA dan UVB. Anda juga disarankan untuk memilih tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 30. Aplikasikan tabir surya ini setiap dua jam sekali, termasuk saat Anda lebih banyak berada di dalam ruangan.

#5. Berat badan terlalu kurus
Tidak hanya kondisi obesitas yang berefek negatif. Terlalu kurus juga tidak sehat, termasuk membuat kulit Anda menjadi lebih cepat tua. Kekurangan lemak di wajah, memicu kulit kendur pada bagian ini, serta membuat penampilan terlihat lebih tua. Jika Anda terlalu kurus, diet sehat dan makan yang cukup, menjadi cara untuk mengatasi hal ini. Konsumsilah nutrisi seperti omega-3, yang banyak terkandung di ikan untuk melawan kerutan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk rajin mengonsumsi vitamin C, yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

#6. Sering mengalami stres
Banyak hal yang memicu kondisi stres pada diri Anda, mulai dari urusan keluarga, hingga drama pekerjaan. Stres yang menganggu Anda tersebut, dapat memicu penuaan dini di kulit. Saat Anda merasa stres, otak akan melepas hormon kortisol. Hormon ini dapat melemahkan kolagen, sehingga berujung kulit Anda menjadi lebih cepat tua. Oleh karena itu itu, Anda sebaiknya mengenali faktor yang membuat Anda sering merasa stres, serta mencari tahu langkah untuk menangani kondisi stres tersebut. 

Selain menghindari kebisaan dan kondisi tersebut, Anda juga bisa mencegah penuaan dini dengan olahraga kardio, mengonsumsi makanan segar, serta melakukan meditasi.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."