Bahan Alami untuk Redakan Peradangan Akibat Infeksi Virus Herpes

Reporter: Sehatq.com
Editor: Yunia Pratiwi
Jumat, 12 Juli 2019 08:06 WIB
Bahan Alami untuk Redakan Peradangan Akibat Infeksi Virus Herpes

CANTIKA.COM, Jakarta - Infeksi herpes dapat mengganggu kenyamanan, terutama jika gejala seperti gatal dan rasa panas di kulit mulai muncul. Biasanya infeksi herpes muncul pada salah satu dari kedua area tubuh, yaitu area rongga mulut atau area genital. Herpes yang muncul di area rongga mulut, umumnya disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 1. Sementara itu, herpes yang muncul di area genital, umumnya disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 2.

Baca juga: 5 Penyakit Kelamin yang Sering Alami Wanita

Meski begitu, kedua jenis virus tersebut sama-sama bisa menyebabkan infeksi di area mulut maupun genital. Sehingga, apabila Anda terkena infeksi herpes simplex tipe 2, maka perawatannya pun akan menyesuaikan dengan lokasi kemunculan penyakit tersebut. Tapi perlu diingat, virus herpes, termasuk herpes simplex tipe 2, tidak bisa sepenuhnya hilang dari tubuh. Perawatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala yang dialami, serta mengurangi masa aktif virus tersebut di tubuh.

Sebab itu Anda perlu mengenali terlebih dahulu, gejala herpes simplex tipe 2, seperti muncul rasa gatal, kesemutan, dan panas di kulit. Muncul benjolan-benjolan atau lepuh berisi cairan, yang kemudian akan pecah dan menimbulkan luka. Gejala seperti sedang flu, yaitu demam dan nyeri otot. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan pangkal paha. Rasa sakit saat buang air kecil, apabila herpes muncul di area genital. Mata menjadi nyeri, lebih sensitif terhadap cahaya, muncul kotoran mata, dan mata terasa kelilipan terus-menerus.

Apabila mengalami gejala-gejala yang serupa dengan di atas, maka ada kemungkinan Anda terinfeksi virus herpes simplex 2. Segera hubungi dokter, untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut. Anda juga bisa meredakan peradanga, iritasi, serta gejala-gejala lain lainnya, dengan beberapa bahan alami di bawah ini.

#1. Bawang putih
Menggunakan bawang putih untuk meredakan gejala herpes sebenarnya merupakan metode lama. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa bawang putih memiliki kandungan antivirus yang dapat melemahkan virus herpes simplex tipe 1 dan 2. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mencincang halus satu siung bawang putih dan mencampurkannya dengan minyak zaitun. Lalu, oleskan campuran tersebut ke luka yang timbul akibat herpes, sebanyak tiga kali sehari.

#2. Air hangat
Kompres air hangat bisa membantu meredakan nyeri, akibat benjolan-benjolan yang timbul di kulit. Kompres ini juga disebutkan bisa meredakan pembengkakan yang terjadi di area infeksi tersebut.

#3. Air dingin
Anda juga dapat menggunakan kompres air dingin atau kompres es batu pada luka-luka yang timbul akibat herpes. Rasa dingin di kulit memang tidak akan menyembuhkan luka tersebut, tapi bisa membantu meredakan rasa nyeri yang timbul.

#4. Tepung jagung
Tepung jagung yang dicampur dengan sedikit air, bisa membantu mengeringkan luka herpes. Anda dapat mengoleskan campuran tersebut dengan kapas, ke area luka.

Selanjutnya... #5. Cuka apel



#5. Cuka apel
Cuka apel memiliki kandungan antiradang dan antivirus. Sehingga, bahan yang satu ini bisa menjadi salah satu obat herpes alami. Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan 3 sendok air. Lalu, oleskan campuran tersebut ke area infeksi.

#6. Makan sayur
Mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan antioksidan seperti kembang kol, bayam, dan tomat, bisa membantu meningkatkan sistem imun di tubuh. Sistem imun yang bekerja dengan baik, dapat membantu melemahkan virus herpes yang sedang menginfeksi.

#7. Tea tree oil
Tea tree oil membantu meredakan luka akibat infeksi herpes simplex tipe 2, dengan sifat antiviral yang dimilikinya. Namun untuk menggunakannya, minyak ini perlu dilarutkan dengan bahan khusus sebelum dapat dioleskan ke lokasi infeksi herpes.

#8. Lidah buaya
Lidah buaya, sudah sejak lama dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Sehingga, tidak heran jika tanaman yang satu ini dimanfaatkan sebagai salah satu obat herpes alami.
Lidah buaya dianggap dapat membantu meredakan nyeri dan gatal yang timbul akibat luka herpes, juga mempercepat penyembuhannya.

#9. Susu kambing
Susu kambing juga mengandung bahan antivirus, yang bisa membantu melemahkan virus herpes. Anda dapat mengoleskan susu kambing ke area infeksi secara langsung tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.

#10. Yogurt
Beberapa jenis probiotik tertentu, dapat membantu melawan infeksi virus herpes di tubuh. Mengonsumsi probiotik juga bisa meningkatkan sistem imun di tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi yogurt.

#11. Mandi air garam
Berendam di air garam, bisa membantu meredakan gejala-gejala herpes simplex tipe 2 yang dirasakan. Setelah mandi, keringkan kembali area infeksi hingga benar-benar kering dan bersih, untuk menghindari adanya infeksi lanjutan.

#12. Redakan stres
Stres bisa menekan sistem imun tubuh. Sehingga, meredakan stres bisa membantu mengembalikan fungsi imun, untuk melawan virus yang sedang menyerang.

#13. Perawatan lainnya
Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan tangan. Segera cuci tangan Anda setelah menyentuh area kulit yang terinfeksi.

Selain itu, apabila infeksi herpes simplex tipe 2 muncul di area genital, maka Anda juga disarankan untuk menghentikan hubungan seksual sementara, hingga gejala telah reda. Meski obat herpes alami di atas seperti lidah buaya dan yogurt mudah didapatkan, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Sebab, bahan alami juga berisiko menimbulkan alergi. 

SEHATQ