Bahan Alami untuk Redakan Peradangan Akibat Infeksi Virus Herpes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi Miss V

Ilustrasi Miss V

IKLAN


#5. Cuka apel
Cuka apel memiliki kandungan antiradang dan antivirus. Sehingga, bahan yang satu ini bisa menjadi salah satu obat herpes alami. Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan 3 sendok air. Lalu, oleskan campuran tersebut ke area infeksi.

#6. Makan sayur
Mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan antioksidan seperti kembang kol, bayam, dan tomat, bisa membantu meningkatkan sistem imun di tubuh. Sistem imun yang bekerja dengan baik, dapat membantu melemahkan virus herpes yang sedang menginfeksi.

#7. Tea tree oil
Tea tree oil membantu meredakan luka akibat infeksi herpes simplex tipe 2, dengan sifat antiviral yang dimilikinya. Namun untuk menggunakannya, minyak ini perlu dilarutkan dengan bahan khusus sebelum dapat dioleskan ke lokasi infeksi herpes.

#8. Lidah buaya
Lidah buaya, sudah sejak lama dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Sehingga, tidak heran jika tanaman yang satu ini dimanfaatkan sebagai salah satu obat herpes alami.
Lidah buaya dianggap dapat membantu meredakan nyeri dan gatal yang timbul akibat luka herpes, juga mempercepat penyembuhannya.

#9. Susu kambing
Susu kambing juga mengandung bahan antivirus, yang bisa membantu melemahkan virus herpes. Anda dapat mengoleskan susu kambing ke area infeksi secara langsung tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.

#10. Yogurt
Beberapa jenis probiotik tertentu, dapat membantu melawan infeksi virus herpes di tubuh. Mengonsumsi probiotik juga bisa meningkatkan sistem imun di tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi yogurt.

#11. Mandi air garam
Berendam di air garam, bisa membantu meredakan gejala-gejala herpes simplex tipe 2 yang dirasakan. Setelah mandi, keringkan kembali area infeksi hingga benar-benar kering dan bersih, untuk menghindari adanya infeksi lanjutan.

#12. Redakan stres
Stres bisa menekan sistem imun tubuh. Sehingga, meredakan stres bisa membantu mengembalikan fungsi imun, untuk melawan virus yang sedang menyerang.

#13. Perawatan lainnya
Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan tangan. Segera cuci tangan Anda setelah menyentuh area kulit yang terinfeksi.

Selain itu, apabila infeksi herpes simplex tipe 2 muncul di area genital, maka Anda juga disarankan untuk menghentikan hubungan seksual sementara, hingga gejala telah reda. Meski obat herpes alami di atas seperti lidah buaya dan yogurt mudah didapatkan, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Sebab, bahan alami juga berisiko menimbulkan alergi. 

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."