Bahan Alami untuk Redakan Peradangan Akibat Infeksi Virus Herpes

Ilustrasi Miss V

kesehatan

Bahan Alami untuk Redakan Peradangan Akibat Infeksi Virus Herpes

Jumat, 12 Juli 2019 08:06 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Yunia Pratiwi
#5. Cuka apelCuka apel memiliki kandungan antiradang dan antivirus. Sehingga, bahan yang satu ini bisa menjadi salah satu obat herpes alami. Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan 3 sendok air. Lalu, oleskan campuran tersebut ke area infeksi.

#6. Makan sayurMengonsumsi sayur-sayuran yang kaya akan antioksidan seperti kembang kol, bayam, dan tomat, bisa membantu meningkatkan sistem imun di tubuh. Sistem imun yang bekerja dengan baik, dapat membantu melemahkan virus herpes yang sedang menginfeksi.

#7. Tea tree oilTea tree oil membantu meredakan luka akibat infeksi herpes simplex tipe 2, dengan sifat antiviral yang dimilikinya. Namun untuk menggunakannya, minyak ini perlu dilarutkan dengan bahan khusus sebelum dapat dioleskan ke lokasi infeksi herpes.

#8. Lidah buayaLidah buaya, sudah sejak lama dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Sehingga, tidak heran jika tanaman yang satu ini dimanfaatkan sebagai salah satu obat herpes alami.Lidah buaya dianggap dapat membantu meredakan nyeri dan gatal yang timbul akibat luka herpes, juga mempercepat penyembuhannya.

#9. Susu kambingSusu kambing juga mengandung bahan antivirus, yang bisa membantu melemahkan virus herpes. Anda dapat mengoleskan susu kambing ke area infeksi secara langsung tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.

#10. YogurtBeberapa jenis probiotik tertentu, dapat membantu melawan infeksi virus herpes di tubuh. Mengonsumsi probiotik juga bisa meningkatkan sistem imun di tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi yogurt.

#11. Mandi air garamBerendam di air garam, bisa membantu meredakan gejala-gejala herpes simplex tipe 2 yang dirasakan. Setelah mandi, keringkan kembali area infeksi hingga benar-benar kering dan bersih, untuk menghindari adanya infeksi lanjutan.

#12. Redakan stresStres bisa menekan sistem imun tubuh. Sehingga, meredakan stres bisa membantu mengembalikan fungsi imun, untuk melawan virus yang sedang menyerang.

#13. Perawatan lainnyaUntuk mempercepat proses penyembuhan, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan tangan. Segera cuci tangan Anda setelah menyentuh area kulit yang terinfeksi.

Selain itu, apabila infeksi herpes simplex tipe 2 muncul di area genital, maka Anda juga disarankan untuk menghentikan hubungan seksual sementara, hingga gejala telah reda. Meski obat herpes alami di atas seperti lidah buaya dan yogurt mudah didapatkan, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Sebab, bahan alami juga berisiko menimbulkan alergi. 

SEHATQ