Tren Obati Jerawat dengan Air Mawar dan Antibiotik, Ini Kata Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi air mawar. shutterstock

Ilustrasi air mawar. shutterstock

IKLAN

Jenis antibiotik yang umumnya digunakan untuk jerawat adalah:
• Doxycycline
Doxycycline merupakan salah satu jenis antibiotik yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Obat ini diberikan dalam bentuk obat minum, sesuai dengan resep dari dokter. Antibiotik ini akan membuat orang yang meminumnya menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Selain itu, konsumsi doxycycline juga harus disertai dengan makanan, agar tidak menimbulkan mual.

• Clindamycin
Antibiotik untuk jerawat jenis clindamycin, tersedia dalam bentuk obat minum maupun krim. Jika digunakan sebagai obat minum, clyndamicine bisa menimbulkan efek samping, seperti infeksi saluran pencernaan.

Sedanngkan air mawar, memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya untuk mengatasi sakit tenggorokan, mengatasi berbagai penyakit mata, m empercepat proses penyembuhan luka, mengatasi sakit kepala, dan baik untuk pencernaan. Manfaat air mawar untuk kulit sebenarnya sudah banyak diketahui. Hal ini dikarenakan, kandungan yang terdapat di dalam air mawar yang baik untuk kulit, yaitu antibakteri serta antiradang.

Kandungan anti bakteri pada air mawar, dipercaya bisa mengurangi jerawat di kulit. Sementara itu, kandungan anti radangnya dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi di kulit. Kedua manfaat inilah yang mungkin membuat metode pada unggahan yang viral tersebut dianggap efektif. Namun, mencampur air mawar dengan antibiotik tablet yang digerus, belum pernah diteliti sebelumya.

Sehingga, Anda sebaiknya lebih berhati-hati jika ingin mempraktikkannya. Jangan sampai, usaha untuk membuat kulit menjadi indah, justru menjadi bumerang. Anda juga perlu lebih berhati-hati jika ingin menggunakan air mawar untuk kondisi lainnya. Tidak semua air mawar, memiliki cara penggunaan yang sama. Sebaiknya, konsultasikan kondisi kulit berjerawat Anda ke dokter spesialis kulit, untuk mendapatkan perawatan yang tepat, aman, dan efektif.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."